250 Pria Jadi Akseptor di Jambore Kampung KB

KabarNTB, Sumbawa — Anda yang mengira program Keluarga Berencana (KB) hanya identik dengan kaum perempuan, berarti anda salah. Karena kaum pria-pun bisa ikut KB.

Di Sumbawa, sebanyak 250 orang pria menjadi akseptor KB. Mereka mendapatkan pelayanan KB Pria (MOP) sekaligus menjadi peserta kegiatan
Jambore Kampung KB Tingkat Provinsi NTB di Kampung KB Kecamatan Lantung, Sumbawa.

Acara itu dilaksanakan selama dua hari mulai Rabu 19 sampai dengan 20 Desember 2018 dan dibuka oleh Sekda Sumbawa H Rasyidi, mewakili bupati.

Selain peserta dari kabupaten Sumbawa, terdapat juga peserta jambore kampung KB dari kabupaten lainnya. Kehadiran peserta itu, kata Sekda, membuktikan komitmen bersama untuk menyukseskan pelaksanaan program KB di wilayah Provinsi NTB demi terwujudnya keluarga yang sehat dan sejahtera bagi NTB gemilang.

“Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas P2KBP3A secara intensif memberikan berbagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, salah satunya melalui pelayanan KB Pria (MOP),” jelas Sekda.

Partisipasi kaum adam dalam program KB, sambungnya, menjadi bentuk nyata kepedulian pria dalam mendukung pelaksanaan program KB. Dengan adanya peningkatan partisipasi pria dalam program KB diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan ibu, bayi dan anak, menurunkan angka kematian ibu dan bayi, mencegah dan menanggulangi infeksi saluran reproduksi serta penyakit menular seksual, termasuk HIV/AIDS.

“Pemerintah berharap, kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan untuk membina masyarakat dalam meningkatkan kualitas kesehatannya khususnya bagi ibu dan anak, dan mengajak segenap masyarakat untuk memanfaatkan layanan yang telah disiapkan ini dengan sebaik-baiknya,” imbuh Sekda.

Sementara itu, Perwakilan Kepala Dinas BKKBN Provinsi NTB, Syamsul Anam, menyampaikan, KB Pria MOP diharapkan dapat diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi NTB.

“Kesadaran dan kesertaan ber-KB masyarakat kami harap semakin meningkat dari waktu ke waktu, sehingga jumlah kelahiran dan pertambahan penduduk dapat dikendalikan dengan baik, dalam rangka mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera,” katanya.

Animo masyarakat di Kecamatan Lantung sendiri, semakin meningkat dalam mengikuti KB Pria MOP. Sementara kampung KB diharapkan bisa menjadi motor penggerak peningkatan dan pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga SDM masyarakat di kampung KB bisa lebih baik.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.