Pertumbuhan Marketplace KSB Ditargetkan Naik 40 Persen

KabarNTB, Sumbawa Barat – Pertumbuhan online marketplace (belanja online) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mencapai 26 persen di tahun 2018.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) KSB, Burhanuddin, menyatakan pertumbuhan diatas 20 persen itu tergolong sangat tinggi.

“Selain itu, juga mencerminkan terjadinya pertumbuhan usaha kecil menengah (UKM), khususnya usaha rumah tangga cukup baik,” ujarnya dalam kegiatan peresmian kantor Kominfo KSB, Rabu 23 Januari 2019.

Ilustrasi (net)

Ia menyatakan Dinas Kominfo mendorong agar pertumbuhan yang ada bisa terus meningkat, seiring dengan peningkatan ekonomi keluarga. Untuk membackup pertumbuhan itu, Dinas Kominfo telah menempatkan fasilitas free wifi (Wifi gratis) di sejumlah titik di dalam Kota Taliwang.

Wifi gratis telah terpasang di Kompleks KTC, Taman Tiangnam, Kompleks Pendopo, dan Kompleks SMAN 1 Taliwang.

“Kedepan kami juga akan menyiapkan wifi gratis di sekolah – sekolah dalam kota Taliwang. Lokasi yang dipilih adalah lokasi yang banyak dan mudah diakses masyarakat karena salah satu tujuannya untuk membackup pertumbuhan market place yang bermuara pada peningkatan ekonomi keluarga,” urainya.

Dengan keberadaan fasilitas wifi gratis itu, Burhanuddin menargetkan pertumbuhan marketplace di tahun 2019 ini bisa naik menjadi 40 persen.

Harapan peningkatan ekonomi keluarga dengan backup pertumbuhan market place itu memang tidak berlebihan. Mengingat sebagian besar pelaku di KSB merupakan pemilik usaha rumahan yang berjualan secara online di berbagai situs jejaring sosial. Produk – produk yang ditawarkanpun beragam, sperti produk makanan, kerajinan tangan, hingga meubler.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.