280 Siswa SMPN 1 Sumbawa Resmi Dilepas

KabarNTB, Sumbawa — Sebanyak 280 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sumbawa Besar, Senin 14 Mei 2018 resmi dilepas. Pelepasan melalui acara Purnasiswa ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H Sudirman Malik diwakili Kabid Pembinaan SMP, Hasbullah didampingi Kasi Kurikulum Bidang SMP Dikbud setempat. Turut pula hadir, Ketua Komite Sekolah, Perwakilan Dewan Pendidikan Sumbawa, Jamhur Husain dan para siswa kelas IX didampingi wali murid.

Berbagai atraksi memukau ditampilkan para siswa kelas VII dan VIII dalam acara yang berlangsung meriah itu. Kepala SMPN 1 Sumbawa, Sri Irianti menyampaikan, purnasiswa adalah tahapan dimana setelah para siswa melalui proses ujian praktek, USBN dan UNBK. Meski demikian, pihak wali murid diharapkan tetap terus membimbing anaknya masing-masing.

“Karena prestasi yang didapatkan ini, bukan hanya melalui mata pelajaran yang diterima  melainkan dengan penanaman kecerdasan secara emosional, spritual dan secara akademik mampu menciptakan prestasi yang belum diketahui pada diri anak-anak kita,” ucapnya.

Sri mengharapkan siswa yang lulus tahun ini untuk terus mengembangkan potensi atau kecerdasannya, baik itu di bidang akadamik maupun non akademik. Sehingga nama baik sekolah tetap terjaga. Menurutnya, mencapai sebuah prestasi bukanlah hal yang kebetulan. Namun melalui beberapa proses terencana dan terprogram oleh pihak sekolah.

“Jadi semua sudah kami rencanakan, kami programkan, dan kami laksanakan. Dan mudah-mudahan kedepan akan lebih baik lagi dari hari ini,” ujarnya sembari berharap agar seluruh Alumni SMPN 1 Sumbawa menjadi ‘Gold Generation’ atau generasi sukses di masa mendatang seperti alumni sebelumnya.

“Jadilah siswa yang baik, mampu memiliki nilai-nilai dasar karakter berbangsa. Tingkatkan dan kembangkan lagi potensi yang dimiliki, serta tetap menjaga nama baik almamater,” harap mantan Kepala SMPN 2 Sumbawa ini.

Sementara itu, Kadis Dikbud melalui Kabid Pembinaan SMP Dikbud setempat, Hasbullah mengaku turut berbahagia atas apa yang sudah dicapai oleh para siswa sehingga berada pada momen ini. Dikatakannya, pelepasan siswa kelas IX merupakan bagian dari proses pembinaan dan penggemblengan. Dimana selama tiga tahun mereka menuntut ilmu tentunya memiliki sejumlah prestasi.

Hasbullah berharap, siswa kelas IX ini menjadi generasi penerus, bukan hanya dibangun atas pengetahuan dan keterampilan, namun juga ditunjang dengan katakter yang baik.

Dikesempatan itu pula, ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pihak sekola khususnya Kepala Sekolah khususnya, Guru dan Keluarga Besar SMPN 1 Sumbawa umunya atas dedikasi selama ini sehingga dapat menghantarkan siswa kelas IX hingga pelepasan.

“Tentu kewajiban kita mendukung anak-anak ini ke jenjang pendidikan lebih tinggi dan menghantarkan mereka menuju kesuksesan,” terangnya sembari menambahkan bahwa SMPN 1 merupakan sekolah unggulan yang kedepannya akan dikembangkan sebagai salah satu sekolah model.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.