674.901 Jiwa Terdampak Kekeringan di NTB

KabarNTB, Mataram – Kemarau panjang yang masih berlangsung telah menyebabkan sebanyak 674.901 jiwa penduduk di 69 Kecamatan di Provinsi NTB terdampak kekeringan.

Jumlah tersebut tersebar di 9 Kabupaten/Kota, yaitu kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa Barat (KSB), Kabupaten Sumbawa, Dompu, Kota Bima dan Kabupaten Bima.

Kepala Pelaksana BPBD NTB, H. Ahsanul Khalik menyebutkan, untuk daerah terdampak di Kabupaten Lombok Barat berada di 6 Kecamatan dengan jumlah jiwa 64.985 orang. Loteng 9 Kecamatan dengan jumlah jiwa 273.967, Lombok Timur 7 Kecamatan dengan jumlah jiwa 128.848, Lombok Utara 5 Kecamatan dengan jumlah jiwa 28.136.

Ilustrasi kekeringan (net)

Sementata di KSB 3 Kecamatan dengan jumlah jiwa 20.868, Sumbawa 17 Kecamatan dengan jumlah jiwa 80.765, Dompu 8 Kecamatan 48.717 jiwa, Bima 10 Kecamatan 20.918 jiwa dan Kota Bima 4 Kecamatan 17.597.

Dijelaskannya, berbagai upaya penangan dilakukan baik oleh BPBD Provinsi maupun BPBD di masing-masing Kabupaten/Kota. Yaitu seperti mendistribusikan air bersih ke Wilayah terdampak bencana kekeringan sesuai jumlah pembagian dan menetapkan status siaga dan tanggap darurat.

“Untuk biaya, disamping kita mengusulkan biaya tidak terduga dari APBD Provinsi, Pak Gubernur juga sudah bicara dengan BNPB dan sudah diusulkan dana siap pakai yang ada di BNPB,” ungkapnya, di Mataram.

Diakuinya, pendistribusian air bersih kepada warga terdampak memang belum maksimal. Ini dikarenakan ada wilayah dengan medan lokasi pendistribusian yang jauh dan cukup berat, dana yang dimiliki terbatas serta sarpras yang masih kurang. Meski demikian, pihaknya menegaskan akan terus berupaya mencari cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan air bersih para warga

“Kami BPBD, baik di Provinsi maupun di masing-masing Kabupaten/Kota akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk mendapatkan songkongan dana, agar pendistribusian air bersih mencukupi bagi warga terdampak,” tukasnya.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.