84 Peserta Seleksi Secaba dan Secapa Lolos ke Tes Kesamaptaan Jasmani

KabarNTB, Mataram – Sebanyak 84 peserta seleksi Secaba dan Secapa Reguler TNI AD, berhasil lolos ke tahapan seleksi Kesamaptaan Jasmani di lapangan Yonif 742/SWY Gebang Mataram, pada Selasa 18 September 2018.

Sebelum melaksanakan tes Kesamaptaan, para peserta seleksi Secapa dan Secaba diambil Kajasrem 162/WB Kapten Inf IB. Gde Karangasem untuk diarahkan. Dalam pengarahannya, Kajasrem menyampaikan laksanakan tes Garjas ini dengan sungguh-sungguh karena nilai yang menentukan lulus dengan tidaknya para peserta.

“Semakin tinggi nilai yang dicapai maka semakin besar peluang untuk kelulusan”, ungkap Gde Karangasem.

Ia meminta para peserta untuk tidak merasa puas dengan nilai yang diperoleh saat ini, namun terus melakukan pembinaan fisik sehingga pada saat diumumkan lulus maka fisik sudah betul-betul terbina dengan baik.

Gde Karangasem juga menekankan aga menjaga faktor keamanan dan keselamatan selama pelaksanaan Garjas, jika merasa mampu maksimalkan namun jika merasa tidak kuat jangan dipaksakan karena akan berakibat fatal.

Ditempat yang sama, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, sebelum pelaksanaan Garjas menekankan ulang kepada seluruh peserta agar memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan.

“Jika sudah merasa pusing atau tidak mampu jangan dipaksakan, langsung jalan atau kepinggir agar tim kesehatan lapangan langsung melakukan pengawasan”, jelas Rizal.

Namun sebaliknya sambung Rizal, jika masih mampu dan kuat agar dimaksimalkan sehingga hasil atau nilai yang diperoleh juga bagus karena akan menentukan lulus atau tidaknya.

“Pembinaan fisik selama tiga hari dalam seminggu jika dilaksanakan secara maksimal maka fisik akan terbina dengan baik, secara otomatis kebugaran tubuh juga baik”, pungkasnya.

Tes Samapta Garjas yang harus dilewati para peserta seleksi dibagi dalam dua samapta dengan penilaian pengelompokan umur yakni A berupa lari 3200 meter, pull up, Sit up, Push up dan lari satle run, sedangkan Samapta B berupa ketangkasan yakni renang militer.(EZ/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.