Ada Pesan Toleransi Antar Ummat Beragama dari TMMD 101 di Aik Kangkung

KabarNTB, Sumbawa Barat – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 wilayah Kodim 1607/Sumbawa di Desa Aik Kangkung Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, juga membawa pesan persatuan, kebersamaan dan toleransi antar ummat beragama.

Hal itu tergambar dalam sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan bersama oleh sekitar 150 orang personil TNI (1 SSK), jajaran pemerintah daerah dan masyarakat dari berbagai latar belakang suku dan agama warga Desa Aik Kangkung, selama 30 hari pelaksanaan TMMD dimaksud.

Dari 9 sasaran fisik (infrastruktur) yang akan dilaksanakan dalam kegiatan itu, sebagaimana yang dilaporkan Dan Satgas TMMD ke-101 yang juga Dandim 1607/Sumbawa, Letkol Arm Sumanto S.Sos beberapa diantaranya adalah kegiatan pembangunan dan rehab tempat ibadah.

Bupati Sumbawa Barat HW Musyafirin didampingi Dandim 1607 Sumbawa, Letkol Arm Sumanto S.Sos melaksanakan inspeksi pasukan dalam kegiatan pembukaan TMMd ke-101 di Desa Aik Kangkung

Misalnya pembangunan tembok keliling pura, rehab masjid, hingga pembangunan tempat wudhu musholla. Ada pula kegiatan pembangunan jaringan irigasi, pembangunan dua ruas jalan usaha tani dengan total panjang 4,1 KM dan lebar 6 meter, pembangunan fasilitas MCK dan beberapa kegiatan lain untuk peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat, disamping kegiatan pelayanan kesehatan dan penyuluhan bidang pertanian, peternakan, Narkoba dan lain-lain.

Seluruh kegiatan itu akan dilaksanakan secara gotong royong oleh jajaran TNI, pemerintah daerah dan masyarakat selama TMMD berlangsung.

“Yang tidak kalah penting adalah membangun kebersamaan, toleransi yang tinggi antar ummat beragama yang teraplikasi lewat kebersamaan kita merehab masjid dan membangun sarana peribadatan lainnya di Desa Aik Kangkung ini,” ujar Bupati KSB, HW Musyafirin saat membuka secara resmi TMMD ke-101 di lapangan Desa Aik Kangkung, Rabu 4 April 2018.

Pemda KSB, kata Bupati, juga mengharapkan indikator keberhasilan TMMD tidak hanya dengan terbangunnya infrastruktur semata, tetapi juga bisa membantu pemerintah dalam memberikan pencerahan idelogi kepada masyarakat dalam mencegah berkembangnya paham radikal di KSB.

“Mampu meningkatkan budaya gotong royong, serta membangun mental agar rakyat memiliki mental Ikhlas Jujur dan Sungguh-sungguh,” timpal Bupati, sembari menyampaikan selamat datang kepada para personil TNI peserta TMMD.

“Tinggallah membaur dirumah masyarakat, jadikan mereka orang tua, keluarga dan saudara. Bagi masyarakat Ai’ Kangkung jadilah tuan rumah yang baik dan keluarga yang hangat bagi anggota Satgas TMMD,” tambah Bupati.

Dandim 1607/Sumbawa Letkol Arm Sumanto, S.Sos, berharap agar pelaksanaan TMMD ini dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Pada kesempatan tersebut terlihat hadir Kasiter Korem 162/WB Letkol Inf I Nyoman Sumitra mewakili Danrem 162/WB Kolonel Inf H. Farid Makruf MA, Kapolres KSB AKBP Mustofa, para Danramil dan Pasi Kodim 1607/Sumbawa.

Acara diakhiri dengan melaksanakan peninjauan secara langsung ke beberapa lokasi yang dijadikan sasaran pelaksanaan TMMD ke 101 di Desa Ai’ Kangkung.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.