Ahyar Abduh Janjikan ‘Barapan Kebo’ Jadi Event Tahunan Tingkat Provinsi

KabarNTB, Sumbawa – Bakal Calon Gubernur NTB, TGH Ahyar Abduh berjanji akan menjadikan event budaya Barapan Kebo (kerapan kerbau) menjadi event tingkat provinsi yang dilaksanakan rutin setiap tahun, jika ia dan pasangannya, H Mori Hanafi terpilih menjadi gubernur NTB melalui Pilgub NTB 2018 mendatang.

“Bukan hanya untuk tingkat provinsi, kita juga akan menggelar karapan kerbau tingkat nasional, Insyaallah,” ungkap TGH Ahyar Abduh, saat membuka event Karapan Kerbau, di Desa Luar Alas Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa, Minggu 3 Desember 2017.

Janji bakal calon gubernur yang telah resmi akan diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Gerindra itu, disambut aplaus dari para pemilik kerbau dari seluruh Sumbawa dan Sumbawa Barat, serta ribuan masyarakat yang memadati arena barapan Desa Luar Alas.

TGH Ahyar Abduh disambut dengan ‘ratib rabana ode’ kesenian khas Tana Samawa saat tiba di arena barapan kebo di Kecamatan Alas Sumbawa

Barapan kebo, memang menjadi olahraga tradisional paling diminati di Kabupaten Sumbawa dan KSB. Ratusan pasang kerbau dari kedua kabupaten, ikut ambil bagian dalam event yang memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah itu.

“Sejarah Karapan kebo Yang hari ini di gelar, merupakan salah satu tradisi untuk mengungkapkan rasa syukur masyarakat karena telah turun hujan dan akan memasuki masa tanam,” tutur TGH Ahyar Abduh yang juga WaliKota Mataram Dua periode itu.

Ia juga meminta seluruh masyarakat untuk.terus melestarikan budaya – budaya tradisional, termasuk karapan kerbau, karena menjadi salah satu wadah untuk mempererat silaturahim, kebersamaan dan juga memberi dampak sosial ekonomi bagi masyarakat.

“Dan tradisi Budaya yang hari ini Kita gelar agar terus kita pertahankan dan lestarikan serta terus disupport oleh Pemda Kabupaten setempat dan pemerintah propinsi karena ini adalah kekayaan budaya Nusa Tengara Barat dan Tana Samawa secara khusus,” tutupnya.

Sebelumnya, saat tiba di arena barapan kebo, TGH disambut antusias masyarakat dengan iringan ratib rabana ode, kesenian tradisional khas Tana Samawa. Walikota Mataram dua periode itu juga sempat ikut memukul rabana.(Aw)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.