Antusiasme Warga Berqurban Tinggi, Idul Adha di Tambak Sari Semarak

KabarNTB, Sumbawa Barat – Perayaan Hari Raya Idul Adha tahun 1440 H, yang bertepatan dengan tanggal 11 Agustus 2019 Desa Tambak Sari kecamatan Poto Tano kabupaten Sumbawa Barat, berlangsung meriah.

Warga desa memenuhi lapangan kantor desa setempat untuk melaksanakan sholat Ied sekaligus melakukan pemotongan hewan qurban.

Tahun ini, panitia qurban desa setempat memotong delapan ekor hewan korban, yang merupakan sumbangan dari pemerintah desa, warga dan perusahaan yang beroperasi di wilayah desa tersebut. Hewan qurban itu, terdiri dari tiga ekor sapi dan lima ekor kambing.

Suasana pemotonga hewan qurban oleh warga Desa Tambak Sari

Kepala Desa Tambak Sari, Suhardi, menyatakan salut atas partisipasi dan keikutsertaan serta kesadaran warganya akan pentingnya berqurban dalam agama Islam.

“Saya sangat bangga melihat partisipasi warga. Semoga apa yang telah diqurbankan ini akan mendapatkan berkah dari Allah SWT,” ujar Suhardi.

Selain itu, Suhardi juga menyatakan suasana Idul Qurban tahun ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun lalu, Idul Qurban dirayakan dalam suasana duka karena beberapa waktu sebelumnya KSB, termasuk Desa Tambak Sari diguncang gempa berkekuatan 6,9 SR yang menimbulkan kerusakan yang sangat parah dan korban jiwa.

Sementara perayaan tahun ini, warga relatif sudah berangsur pulih dari trauma atas bencana tersebut dan proses rehabilitasi dan rekonstruksi rumah warga yang menjadi korban juga relatif telah tuntas.

“Kondisi ini mungkin yang membuat warga sangat antusias berqurban, sebagai wujud ketaatan kepada Allah sekaligus rasa syukur atas nikmat yang dirasakan,” imbuhnya.

Ia juga menyatakan syukur atas kondusifitas desa yang tetap terjaga, meski Desa pesisir tersebut dihuni oleh warga dari latar belakang suku yang beragam.

“Warga disini selalu hidup rukun aman Damai dan tentram. Kami berharap kondisi ini tetap terjaga dan terus ditingkatkan,” tandasnya.(Ken)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.