Api Ditinggal Ambil Ikan, Rumah Ludes Terbakar

KabarNTB, Sumbawa – Nasib malang menimpa keluarga Hermanto (24), warga Dusun Bajo Desa Labuhan Bajo, Kecamatan Utan, Sumbawa. Rumah milik keluarganya hangus dilalap si jago merah pada Sabtu sore  2 Desember 2017 lalu.

Menurut informasi yang dhimpun KabarNTB, api yang memicu terjadinya kebakaran tersebut diduga berasal dari api yang digunakan untuk membakar ikan oleh Mahmin (40), Ibu Hermanto.

Peristiwa kebakaran yang menghanguskan rumah Hermanto

Saat itu, sekitar pukul 17.00 wita, Mahmin hendak membakar ikan dibawah kolong rumah panggung miliknya.  Seusai menyalakan api, Mahmin kemudian mengambil ikan kerumah tetangga yang tak jauh dari TKP.

Namun saat kembali kerumah, Mahmin terkejut bukan kepalang, sebahagian besar gedek rumahnya telah dilalap api. Saat itu  angin bertiup cukup kencang sehingga api dengan cepat merambat keatas rumah yang terbuat dari kayu dan dinding bambu.

Masyarakat sekitar yang mengetahui kejadian tersebut langsung berbondong untuk membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Untung saja keberadaan rumah tersebut berada dibibir pantai, sehingga api dapat dipadamkan dalam satu jam.

Akibat kebakaran tersebut, Hermanto dan Mahmin mengalami kerugian sekitar Rp. 30 juta karena semua harta yang ada didalam rumah tersebut hangus dan tidak dapat terselamatkan.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa, Zainal Abidin Senin.

Menurutnya BPBD akan melakukan inventarisir terlebih dahulu serta memberikan bantuan logistik untuk meringankan beban keluarga korban.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.