Bangkitkan Jiwa Nasionalisme, Dikpora Gelar Lomba Upacara

KabarNTB, Sumbawa Barat – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) mulai tahun 2017 menggelar lomba tata laksana upacara bendera dan lomba baris berbaris bagi siswa tingkat SD, SMP dan SMA.

Untuk tingkat SD diikuti 8 Sekolah dari 8 |Kecamatan, sedangkan untuk tingkat SMP 20 Sekolah dan SMA 12 Sekolah.

“Memang untuk tahun ini tingkat SD kita batasi satu Sekolah mewakili Satu Kecamatan, tahun depan dipastikan semua Sekolah akan diwajibkan mengikuti lomba tata laksana upaca bendera,” ujar Syamsul Hadi, S.Pd, Kabid Pemuda dan Olahraga Dikpora KSB.

Dikatakan Syamsul Hadi, perlombaan ini sangat penting untuk menumbuh-kembangkan jiwa nasionalisme anak didik terhadap bangsa dan negara sehingga rasa memilikinya lebih kuat, dan lebih bertanggung jawab untuk kemajuan bangsa. Selain itu meningkatkan kedisiplinan siswa agar dalam kehidupannya mengetahui bagaimana cara hidup yang teratur.

Adapun syarat peserta lomba baris berbaris wajib memperagakan beberapa gerakan secara benar dalam baris berbaris. Gerakan yang menjadi penilaian dewan juri antara lain gerakan dari berhenti menuju berjalan, berjalan menuju berjalan, serta berjalan menuju berhenti.

Hal ini penting, sebab tidak sedikit dari siswa yang belum memahami gerakan tersebut. Sedangkan untuk lomba tatacara Upacara Bendera, setiap regu diharuskan bisa melakukan berbagai peragaan upacara yang baik dan benar.

Mereka harus melakukan upacara dengan baik dan khidmat, termasuk cara menyampaikan amanat upacara mulai dari intonasi, isi amanat serta gerakan-gerakan lainnya. Pasalnya upacara ini merupakan kegiatan rutin setiap Hari Senin bagi siswa.(Ir/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.