Banjir Bandang di Dompu, 3.000 Jiwa Terdampak

KabarNTB, Dompu – Sejumlah kelurahan di  Dompu, Kabupaten Dompu dilanda banjir bandang sejak senin sore, 5 maret 2018.

Informasi yang didapat KabarNTB, banjir yang disebabkan hujan deras sejak 15.00 Wita telah menyebabkan meluapnya air Dam Laju dan merendam pemukiman warga serta fasilitas umum lainnya, termasuk RSUD Dompu. Air masuk ke pemukiman warga mulai sekitar pukul16.30 Wita. Sejumlah kelurahan terendam air hingga ketinggian lebih dari 1,5 meter akibat banjir tersebut.

Wilayah yang paling parah terdampak banjir adalah Kelurahan Potu, Lingkungan Magenda, Pelita, Sori Wono, Kelurahan Karijawa, Kelurahan Simpasai, Kelurahan Kandai II dan Desa Wawonduru.

Sementara informasi dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, H Muhammad Rum, sebanyak 3.000 jiwa penduduk terdampak banjir tersebut.

“Kami telah melakukan upaya koordinasi lintas SKPD, melaksanakan upaya penyelamatan korban banjir di lokasi, penyediaan dapur umum dan nasi bungkus untuk malam ini (tadi malam) di.Lingkungan Bada, Lingkungan Bali 1 dan Lingkungan Karijawa,” ujarnya.

Selain dari BPBD sejumlah relawan dari berbagai organisasi juga sudah turun ke lokasi banjir untuk membantu masyarakat dan menyalurkan bantuan.

 

 

Selain di Kabupaten Dompu, banjir, BPBD NTB, kata Muhammad Rum, juga telah menerima laporan sementara banjir bandang di Desa Tambe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Banjir mulai datang sekitar jam 15.30 wita akibat hujan deras.

“Ketinggian air mencapai 1,5 meter. Sementara jumlah warga yang terdampak sebanyak 55 KK dan  saat ini mengunngsi di rumah keluarga. Alhamdulillah air sudah surut,” jelasnya malam tadi.

Tidak ada laporan mengenai adanya korban jiwa dalam peristiwa ini, baik di Kabupaten Dompu maupun di Kabupaten Bima.

“BPBD juga akan turun meyalurkan bantuan logistik besok pagi,” ujar HM Rum.(By/EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.