Bendungan Meninting di Lombok Barat Mulai Dibangun

KabarNTB, Lombok Barat – Mega proyek Bendungan Meninting di Kabupaten Lombok Barat, NTB mulai dibangun.

Pembangunan itu ditandai dengan ground breaking yang dilaksanakan Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah bersama Dirjen Sumberdaya Air Kementerian PUPR dan Bupati Lombok Barat, Danrem 162/WB dan sejumlah pejabat lainnyaKamis pagi 19 September 2019.

Gubernur Zulkieflimansyah mengatakan, proyek strategis nasional itu direncanakan selesai pada tahun 2022.

Gubernur NTB bersama Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR dan sejumlah pejabat lain menekan tombol sirine tanda dimulainya pembangunan bendungan Meninting di Lombok Barat

Bendungan dimaksud akan mengairi lahan pertanian yang tersebar di Kabupaten Lombok Barat, Mataram, Lombok Tengah hingga wilayah Lombok Bagian Selatan.

“Kalau ini selesai Insya Allah dari Meninting air akan mengalir sampai jauh ke Lombok Selatan sehingga permasalahan pengairan dan kekeringan dapat di atasi,” ungkap Gubernur.

Selain irigasi, Bendungan Meninting juga akan menjadi sumber air baku dan pembangkit listrik. Gubernur menyatakan, setelah Meninting akan ada bendungan – bendungan baru lainnya yang akan dibangun di NTB.

“Insya Allah akan ada lagi bendungan – bendungan baru yang akan dibangun di NTB ini dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi,” pungkasnya.

Bendungan Meninting dibangun diatas lahan seluas 115,6 hektare tersebut akan menampung 9,91 juta meter kubik air dan menelan anggaran sebesar Rp1,4 triliun yang bersumber dari APBN.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.