‘BRT’ Bus Gratis untuk Pelajar Sudah Beroperasi di Kota Mataram

KabarNTB, Mataram – Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Perhubungan Provinsi NTB bekerjasama dengan Pemerintah Kota Mataram telah mulai mengoperasikan layanan angkutan transportasi gratis bagi para pelajar yang ada di Ibu Kota Provinsi (Kota Mataram).

Layanan angkutan Bus Rapid Transit atau lebih dikenal dengan istilah ‘BRT’ ini mulai dioperasikam awal April 2018.

“Sudah kita operasikan sejak tanggal 2 April lalu. Angkutan bus menggunakan BRT ini secara khusus kami gratiskan untuk pelajar di Kota Mataram,” ujar Sekretaris Dishub NTB, Hj Ary Purwantini kepada media ini, usai menggelar jumpa pers di lingkup Kantor Gubernur NTB di Mataram, Kamis 05 April 2018.

Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi saat meninjau kesiapan armada BRT (foto: rri.co.id)

Dijelaskan Hj Ary, BRT merupakan upaya pengalihan penggunaan kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Moda transportasi ini juga bertujuan mendidik pelajar dan masyarakat agar disiplin pada jadwal (tepat waktu) serta mengurangi biaya transportasi.

“Yang paling penting, ini adalah upaya kami mengurangi kemacetan lalu lintas dan emisi gas rumah kaca sektor tranpsortasi. Alhamdulillah, sejak dioperasikan angkutan bus sekolah gratis ini berdampak positif, sekarang mereka (pelajar) lebih senang menggunakan bus pergi dan pulang sekolah,” katanya.

Adapun jadwal oprasional BRT, dimuali dari Senin hingga Sabtu. Untuk pagi hari dimulai pukul 06.00—08.30 Wita. Siang hari bus akan stanby tepat pukul 13.00—15.30 Wita.

“Jadi ada dua tahapan dengan beberapa bus start dari pool damri dan bus kedua start dari wilayah taman jangkar Ampenan. Intinya kita ingin memberikan kemudahan dan mengajarkan mereka tepat atau displin waktu,” ucapnya.

Apabila berjalan baik dan lancar, tambah Hj Ary, pada tahun 2019 BRT direncanakan akan beroperasi pada 4 koridor yang meliputi wilayah Mataram dan Lombok Barat.(By)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.