Bukan Hanya MotoGP, NTB Juga Dipersiapkan untuk Balapan F1

KabarNTB, Mataram – Persiapan pelaksanaan event olahraga motor sport paling akbar di dunia, MotoGP di Kawasan Mandalika Lombok Tengah NTB, tahun 2021 mendatang terus dikebut.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah (Doktor Zul) mengungkapkan, awal September 2019 nanti, jika tidak ada halangan, akan dilaksanakan groundbreaking pembangunan sirkuit Mandalika.

“Selanjutnya di bulan Oktober 2021 MotoGP akan dilaksanakan di Lombok,” ungkap Doktor Zul, saat menghadiri perayaan Jamnas Ikatan Motor Indonesia (IMI) di eks Bandara Selaparang Mataram, Sabtu malam 24 Agustus 2019.

Desain sirkuit Mandalika, Lombok yang akan menjadi venue MotoGP 2021 (foto: bumntrack.com)

Bukan hanya MotoGP, Doktor Zul mengungkap, NTB juga dipersiapkan untuk pelaksanaan event olahraga otomotif lainnya, seperti Super Bike.

“Setelah MotoGP sukses, akan ada Formula Satu (F1) juga yang akan diadakan di NTB. Hal ini akan membuat NTB menjadi lebih dikenal dunia melalui olahraga MotoGP dan F1 ini,” sambungnya.

Perihal balapan F1 ini, diungkapkan Doktor Zul, sudah ada proses awal dengan Presiden Jokowi.

“Yang menggembirakan bapak/ibu, saya mendapat bocoran bahwa ITDC bukan hanya ingin menghadirkan MotoGP di sini, tapi kalau MotoGP ini sukses, ITDC akan menghadirkan (balapan) F1 di sini,” sebutnya.

Menurutnya, dengan adanya MotoGP dan F1, tidak menutup kemungkinan NTB di masa yang akan datang bisa menjadi tuan rumah event olahraga tingkat dunia lainnya.

“Walaupun masih bisik-bisik, pemerintah berhasil menjadi tuan rumah Asian Games kemarin. Dan Presiden Jokowi punya cita-cita, kalau MotoGP dan F1 ini sukses, kalau kita gabungkan antara Bali dan Lombok, bukan tidak mungkin kita akan menang menjadi tuan rumah Olimpiade di waktu mendatang,” pungkasnya.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.