Bupati Janjikan Hadiah untuk Desa 100 Persen Penduduk ber-KTP

KabarNTB, Sumbawa – Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril, menjanjikan hadiah bagi desa-desa yang mampu memfasilitasi 100% kepemilikan KTP bagi penduduknya.

Janji itu disampaikan Bupati saat membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam rangka Mensukseskan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk, Pilkada 2018, Pileg dan Pilpres 2019 di lantai III Kantor Bupati Belum lama ini.

Bupati dihadapan Asisten, Para Kadis, Camat, Lurah dan Kepala Desa Se-Kabupaten Sumbawa mengatakan, saat ini, masih ada sekitar 10.000 orang di Kabupaten Sumbawa yang belum melakukan perekaman E-KTP.

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril

“Hal ini menuntut seluruh jajaran pemerintah dari tingkat Kabupaten sampai dengan tingkat paling bawah untuk bekerja keras agar seluruh penduduk di Kabupaten Sumbawa memiliki dokumen administrasi kependudukan,” kata Bupati.

Bupati meminta peran aktif para Kepala Desa beserta jajarannya agar menerapkan sistem “jemput bola”, dengan mendatangi rumah-rumah penduduk untuk melakukan pendataan dalam rangka perekaman E-KTP.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan angka kepemilikan dokumen adminduk bagi warga masyarakat, mengingat pentingnya dokumen tersebut bagi kejelasan identitas dan status secara hukum. Termasuk bagi kepentingan administrasi dan pelayanan publik lainnya.

“Selain itu, juga dihajatkan untuk mensukseskan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) yang telah dilaunching oleh Pemerintah Pusat beberapa waktu lalu,” jelas Bupati.

Terkait dengan masalah kepemilikan adminduk, Bupati menyebutkan bahwa sebagian dana desa dapat disisihkan untuk membantu masyarakat miskin yang tidak mampu mengurus dokumen adminduknya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa, H Zulqifli, dalam laporannya menyebutkan bahwa tujuan kegiatan sosialisasi kebijakan kependudukan dan pencatatan sipil adalah untuk menyamakan persepsi dan pemahaman yang utuh bagi aparatur pemerintah terhadap substansi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

“Selain itu, kegiatan ini juga dihajatkan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas penerbitan dokumen kependudukan termasuk percepatan perekaman dan penerbitan E-KTP serta kepemilikan akta-akta pencatatan sipil di Kabupaten Sumbawa,” jelasnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.