Bupati KSB : “Bisa Membaca Penting untuk Kepercayaan Diri Anak”

KabarNTB, Sumbawa Barat – Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin menegaskan kemampuan membaca penting untuk menumbuhkan kepercayan diri anak. Karena itu, sejak dini kebiasaan membaca mesti dimulai dari keluarga. Tumbuh kembang anak, kata bupati, sangat ditentukan oleh pendidikan yang didapat didalam keluarga.

“Kalau orang tua tidak bisa membaca anak harus bisa baca,” ujar Bupati saat membuka kegiatan “PEMASYARAKATAN MINAT DAN KEBIASAAN MEMBACA KABUPATEN SUMBAWA BARAT” yang diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Sumbawa Barat, Selasa 3 April 2018.

Dalam kegiatan yang dihadiri ratusan anak dari seluruh KSB itu, Bupati mengisahkan pengalaman pribadinya ketika masih bersekolah di tingkat SD. Saat itu buku-buku berbagai judul di antar ke sekolah dan dalam tempo satu minggu akan ditukar dengan buku judul berbeda.

“Saya menargetkan satu judul buku selesai saya baca setiap hari,” ungkapnya.

Penampilan salah satu peserta dalam Lomba Sakeco

Pentingnya bisa membaca untuk dibiasakan sejak dini, karena akan berdampak langsung pada kepercayaan diri, serta pengembangan minat bakat anak-anak.

Anak bisa menggambar dan menulis pasti paling tidak dia sudah bisa membaca. Karena dia akan memiliki gambaran tentang sesuatu yang akan dituangkan dalam lukisan maupun tulisannya.

“Ini menjadi tugas kita semua. Karena bisa membaca akan memupuk kepercayaan diri anak. Anak bisa kemana saja dan mengembangkan bakatnya dengan mudah jika bisa membaca,” pesan Bupati kepada para guru yang hadir.

Bupati mengungkapkan, dirinya beberapa hari lalu mendapat laporan dari pihak kepolisian tentang adanya seorang anak siswa kelas 1 SMP yang ditangkap karena terindikasi sebagai pengguna narkoba. Siswa itu, kata Bupati, kedapatan menyimpan 5 (lima) paket Nrkoba.

“Entah dia pengedar atau pemakai. Dia sudah ditangkap. Dia orang tuanya mampu dan terpandang. Tapi saya ingin menyampaikan bahwa apapun posisi orang tua jangan sampai berpengaruh buruk terhadap anak dan jangan sampai melalaikan kita dari pengawasan terhadap pergaulan anak,” urainya.

Kasus diatas, sambung Bupati juga mencerminkan betapa pentingnya membiasakan anak untuk membaca mulai dari rumah. Karena dengan membaca anak akan paham berbagai hal, termasuk yang baik dan yang buruk sehingga dia bisa mengembangkan diri dengan baik.

“Guru dan sekolah harus bisa mengantisipasi sedini mungkin kasus-kasus seperti ini, salah satunya dengan mendorong anak bisa membaca agar anak punya kesibukan yang bermanfaat,” timpal Bupati.

Kegiatan “PEMASYARAKATAN MINAT DAN KEBIASAAN MEMBACA KABUPATEN SUMBAWA BARAT” yang dilaksanakan Arpusda Sumbawa Barat akan diisi dengan berbagai kegiatan lomba, seperti lomba mewarnai untuk siswa TK, lombs bercerita, pidato bahasa inggris, lomba Sakeco dan lomba menulis kembali cerita Rakyat Sumbawa Barat tingkat SMA / sederajat.

Kegiatan itu mengangkat tema “Karakterku Berbudaya Lokal Kecerdasanku dalam Aneka Bahasa Inovasiku karena Gemar Membaca”.

Kabid Perpustakaan Arpusda KSB, Ajad Sajadah Amir mengatakan kegiatan itu dilaksanakan selain untuk memupuk minat baca anak juga untuk mengenalkan kepada mereka seni budaya lokal dan cerita rakyat yang mengandung nilai-nilai luhur kehidupan masyarakat dimasa lampau.

“Kegiatan ini kami kemas dalam bentuk kompetisi juga sebagai ajang melatih kemampuan anak dan kepercayaan diri mereka,” ungkap Ajad.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.