Bupati Lobar Instruksikan Kades Gunakan DD Agar Bantuan Korban Gempa Maksimal

KabarNTB, Lombok Barat – Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid menginstruksikan kepala desa menggunakan anggaran Dana Desa (DD) untuk memenuhi kebutuhan warganya yang terdampak gempa. Hal itu disampaikan bupati dalam rapat bersama tim koordinator kabupaten di antaranya Bappeda, Dinas Dukcapil, Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan Lobar bersama BPBD Lobar, Camat Lingsar dan para kepala desa se-Kecamatan Lingsar di Posko Utama Tanggap Bencana Lombok Barat yang bertempat di Kantor Camat Lingsar, Selasa 7 Agustus 2018.

Langkah ini diambil setelah sebelumnya bupati melihat kondisi di beberapa wilayah Lobar dirasa cukup parah akibat gempa yang terjadi Ahad 5 Agustus  lalu. Kondisi dirasakan cukup sulit karena sebelumnya seluruh tenaga  seperti tenaga medis, relawan, dapur umum maupun tenda masih difokuskan menangani dan diperbantukan ke Kabupaten Lombok Utara (KLU) yang menjadi pusat gempa.

Selain bantuan yang terus dihimpun melalui tim koordinator kabupaten, digunakannya DD untuk saat ini diharapkan dapat segera membantu warga yang terdampak gempa.

Aktifitas pendistribusian bantuan untuk para korban gempa yang dilaksanakan oleh pemerintah desa di Lobar

Instruksi bupati ternyata mendapat tanggapan positif dari para kades, salah satunya Kades Lingsar Abdul Hadi. Kades yang telah membawa desanya menjadi Desa Terbaik dalam Lomba Desa tingkat Nasional satu tahun yang lalu ini mengaku penggunaan DD untuk kondisi tanggap darurat bencana ini sangat membantu warganya.

“Sangat membantu sekali. Alhamdulillah dengan tanggapan seperti itu kami dari pemerintah desa dan masyarakat desa merasa sangat terbantu untuk meringakan beban masyarakat. Tadi langsung saya belanjakan beras, mie instan, air mineral, tenda dan terpal. Langsung kita bagikan ke warga,” kata Abdul Hadi saat menerima bantuan yang dihimpun tim koordinator kabupaten.

Hingga pukul 5 sore tadi, distribusi bantuan seperti pakaian layak pakai, selimut, terpal dan bahan logistik terus dilakukan. Para kades bersama sejumlah warganya menggunakan kendaraan roda tiga silih berganti mengambil bantuan yang disiapkan di posko.

“Sejak kemarin kita sudah himbau teman-teman SKPD termasuk yang menjadi koordinasi Bappeda itu tadi pag sudah menambah bantuan seperti telur, mie instan, obat-obatan dan selimut sehingga sekarang ini juga sedang dilakukan pembagian. Alhamdulillah dengan kerjasama yang baik dengan tim dan juga kepala desa kita tidak ada hambatan dan semua bisa berjalan lancar,” terang Kepala Bappeda Lobar, H. Baihaqi selaku ketua tim koordinator kabupaten untuk Kecamatan Lingsar sesaat setelah meninjau salah satu wilayah terdampak gempa di Dusun Rumbu’ di Desa Batu Mekar.

Sehari sebelumnya, Baihaqi bersama Sekda H. Moh. Taufiq dan Camat Lingsar juga telah mengunjungi Desa Langko sekaligus melakukan verifikasi data kebutuhan warga untuk dikirim ke pusat.

Sementara itu Camat Lingsar, Rusditah mengakui warganya masih banyak yang merasa kekurangan bantuan. Namun pihaknya berjanji terus berusaha melakukan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan warga.

“Tentu semua desa ini kekurangan. Saya tiap saat sejak kemarin, siang malam terus dihubungi. Ya kita berusaha semaksimal mungkin. Karena itu selain bantuan yang kita himpun dan dengan bisa dibolehkannya penggunaan anggaran Dana Desa itu bisa digunakan sementara untuk kebutuhan masyarakat,” kata Rusditah.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.