Bupati Minta Guru Tanamkan Karakter IJS Kepada Siswa Sejak TK

KabarNTB, Sumbawa Barat – Para guru diminta untuk menanamkan karakter Ikhlas, Jujur dan Sungguh-sungguh (IJS) kepada anak-anak didik mereka.

Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin pada peresmian gedung Taman Kanak-kanak (TK) Negeri 1 Jereweh, Selasa pagi 27 maret 2018, mengatakan Pendidikan TK merupakan awal untuk menanamkan tiga karakter, yaitu ikhlas, jujur dan sungguh-sungguh. Ikhlas artinya menerima dengan lapang dada segala hasil usaha yang diraih. Tidak ada rasa iri dan hasad.

“Karena di balik kelebihan yang ada pasti ada kekurangan di dalamnya,” kata Bupati.l dihadapan para anggota DPRD KSB, sejumlah Kepala Dinas, jajaran Dikpora KSB, Camat Jereweh, wali murid dan tokoh agama dan tokoh masyarakat Jereweh.

Bupati KSB HW Musyafirin saat meresmikan bangunan TKN 1 Jereweh

Karakter kedua adalah jujur. Karenanya, peran guru atau pendidik adalah mendidik anak-anak menjadi generasi yang jujur. Hargai kejujuran itu agar mereka terbiasa jujur. Memberikan contoh teladan terbaik, seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW.

Yang ketiga adalah sungguh-sunguh. Apapun pekerjaan atau profesi yang dijalani, maka pekerjaan atau profesi tersebut harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

‘’Coba perhatikan korea selatan Selama 43 tahun mereka membangun karakter saemaul undong, mereka disiplin, jujur dan ulet dan kini Korea Selatan menjadi negara yang maju,” ungkap Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Dalam kesempatan tersebut bupati menginstruksikan Dikpora KSB agar melengkapi pembangunan gedung dengan landscape yang didesain bersahabat dengan anak-anak. Pihak komite juga diminta dilibatkan sebelum pembangunan dilaksanakan untuk mendapatkan informasi kebutuhan gedung yang sesuai dengan kebutuhan komite, guru dan anak-anak.

Peresmian gedung TKN 1 Jereweh yang dibangun dengan APBD senilai Rp. 1,75 Miliar, ditandai dengan pengguntingan pita dan pemukulan gong oleh Bupati. Bangunan TKN 1 Jereweh terdiri dari enam ruangan. Empat ruangan merupakan ruangan belajar. Sementara dua lagi diperuntukkan untuk ruang guru dan kantor.

Ketua Komiti TKN 1 Jereweh, Silman, mengungkapkan, sebelumnya aktivitas belajar dan bermain siswa selama ini diselenggarakan di SDN 1 Jereweh.

‘”Setelah ada gedung ini, alhamdulillah kami tidak menumpang lagi. Hal ini menambah semangat kami untuk melanjutkan dan meningkatkan prestasi anak didik,” katanya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.