Bupati Sumbawa : “Buang Orientasi Proyek di Perencanaan Pembangunan !”

KabarNTB, Sumbawa – Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril, menegaskan bahwa pemerintah dan masyarakat harus memahami alur berpikir logis sebuah perencanaan pembangunan.

Orang nomor satu di Pemda Sumbawa itu meminta untuk membuang jauh-jauh pola pikir lama yang cenderung berorientasi “proyek” yang hanya didasari oleh motif-motif mencari keuntungan.

“Yakni membuat proyek untuk mendapatkan tambahan income bagi pribadi atau kelompok tertentu,” tegas bupati saat membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2018 di Aula Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Rabu 14 februari 2018.

Bupati, Sumbawa HM Husni Djibril

Pada kesempatan itu, Bupati mengingatkan kepada peserta Rakor agar rencana pembangunan di tingkat kecamatan maupun desa/kelurahan benar-benar menyentuh kebutuhan riil masyarakat.
“Bukan didominasi oleh keinginan camat, lurah ataupun kepala desa,” sebutnya.

Bupati menekankan agar perencanaan pembangunan daerah harus diprioritaskan untuk pelaksanaan program dan kegiatan yang bersifat lebih mendesak, dengan sasaran penerima manfaat yang lebih luas, sehingga benar-benar memberikan dampak yang besar bagi seluruh masyarakat.

Selain itu, prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan harus lebih difokuskan untuk pembangunan pada sektor SDM dan kelembagaannya, perekonomian (terutama penciptaan wirausahawan baru serta inisiasi industrialisasi produk unggulan daerah), pembangunan sosial budaya, termasuk di dalamnya pendidikan, kesehatan dan kepariwisataan, pembangunan infrastruktur wilayah, serta pelestarian lingkungan hidup.

“Tentu dengan tetap mempertimbangkan kemampuan sumber daya yang ada, baik sumber daya manusia maupun anggaran,” tandasnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.