Bupati Sumbawa Ingatkan Kades Tertib Kelola Keuangan Desa

KabarNTB, Sumbawa – Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril mengingatkan para kepala desa (Kades) untuk senantiasa tertib administrasi dalam pengelolaan keuangan desa, termasuk tepat waktu dalam penyampaian laporan pertanggungjawaban keuangan.

Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) dan Laporan Keuangan Pemerintah Desa (LKPD) akhir tahun dan akhir masa jabatan, diminta bupati agar dapat disampaikan tepat waktu kepada Bupati melalui Camat.

Hal itu dikemukakan Bupati melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sumbawa, H Muhammad Ikhsan, saat membuka Rakor Peningkatan Kinerja Pemerintahan Desa tahun 2019 di lantai III Kantor Bupati Sumbawa Rabu 25 September 2019.

Menurut H Ikhsan, Kepala Desa dan segenap perangkat desa sebagai garda terdepan pembangunan mesti berkontribusi maksimal mewujudkan Sumbawa hebat dan Bermartabat.

Ilustrasi dana desa

Ia juga mengingatkan para Kepala Desa dan perangkat desa agar berkomitmen meningkatkan kemampuan manajerial dalam penyelenggaraan fungsi pemerintahan dan pembangunan desa.

Sementara Terkait 6 desa yang belum melakukan input data profil desa, diminta segera. Termasuk perencanaan RKPDes 2020 dan draf APBDes 2020 agar segera disusun dan diselesaikan mengingat akan memasuki tahun anggaran 2020.

Pemerintah desa juga mesti proaktif mengajak masyarakat untuk bersikap dewasa dan matang dalam berdemokrasi.

“Menjaga kondusifitas desa dengan sebaik-baiknya, dengan tetap memegang teguh seluruh peraturan yang berlaku termasuk dalam hal pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa,” imbuhnya.

Kepada para Camat yang tahun ini desa-desa di wilayahnya mendapat dana Kerabat, diminta agar senantiasa melakukan pendampingan, pembinaan dan monitoring sehingga dipastikan bahwa program tersebut berjalan dengan baik di lapangan.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.