Bupati Sumbawa : Kalau Ada Oknum BPN Sengaja Persulit Urusan Sertifikat Laporkan !

KabarNTB, Sumbawa – Mencuatnya dugaan keberadaan ‘mafia’ yang bermain dalam pengurusan sertifikat tanah masyarakat di Badan Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Sumbawa mendapat sorotan tajam dari Bupati setempat, HM Husni Djibril.

Kepada awak media usai menghadiri sidang Paripurna di gedung DPRD Sumbawa, Selasa 8 mei 2018, Bupati Husni Djibril, menegaskan jika warga merasa semua dokumen yang diminta pihak BPN telah dilengkapi, lantas sengaja diulur, maka sangat wajar untuk segera dilaporkan ke pihak kepolisian atas dasar kasus penipuan.

Dijelaskan Bupati, meski Pemerintah daerah tidak bisa melakukan intervensi terhadap semua pekerjaan BPN, menginggat instansi itu merupakan instansi vertikal, tetapi pemerintah daerah perlu untuk melakukan pengawasan agar masyarakat tidak menjadi korban.

Bupati Sumbawa HM Husni Djibril

“Saya kira untuk memberikan pengawasan atau mencari tahu, saya kira masih memiliki kewenangan sebagai bupati. Karena ini rakyat kita,” Jelasnya.

Bupati menyarankan, jika masyarakat yang terkendala dengan urusan-urusan di BPN untuk segera berkoordinasi secara langsung ke BPN dengan memberikan tembusan kepada Bupati Sumbawa.

“Ya, mungkin kita tidak bisa terlalu jauh untuk mencampuri urusan BPN. Namun BPN juga mesti berhati-hati dalam rangka mengeluarkan kebijakan dan keputusan, apalagi yang berkaitan dengan kewenangan mereka mengeluarkan dokumen surat menyurat,” timpalnya.

“Kalau benar terjadi (pengurusan sertifikat oleh masyarakat sengaja diulur dengan alasan tidak jelas), tidak mungkin dilakukan oleh lembaga, paling oleh oknum-oknum pegawai saja, Kalau lembaganya saya kira tidak mungkin lah,” kata Bupati, sembari kembali menyarankan masyarakat yang merasa dirugikan untuk melaporkan atas delik penipuan.

Bupati juga menekankan, mana kala ada oknum-oknum yang bermain yang sengaja memperhambat proses pengurusan pembuatan surat tanah atau yang lainnya kepada masyarakat untuk dilaporkan kepadanya.

“Saya minta kepada masyarakat untuk bersurat kepada saya. Dan saya sebagai bupati sendiri yang akan menindaklanjutinya,” tandas Bupati.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.