Cerita Johan Rosihan Mencari Warga Sumbawa di Pengungsian Korban Gempa

KabarNTB, Lombok Utara – Tidak hanya warga lokal, peristiwa gempa beruntun yang mengguncang Pulau Lombok pada 29 Juli, 5 Agustus dan 9 Agutus 2018, juga menimbulkan korban warga negara asing (WNA) dan warga luar pulau Lombok yang bermukim di Pulau Seribu Masjid itu, termasuk warga dari Kabupaten Sumbawa yang telah bermukim lama di Kabupaten Lombok Utara (KLU), daerah terdampak gempa paling parah.

Anggota DPRD NTB, H Johan Rosihan, yang telah beberapa kali turun langsung ke KLU menyalurkan bantuan dan menghibur para korban, juga menyempatkan diri mencari warga Sumbawa yang menjadi korban gempa di wilayah itu.

Johan mendatangi sejumlah titik pengungsian dan menyisir pemukiman warga yang luluh lantak untuk mencari kebaradaan warga Sumbawa yang menjadi korban.

“Saat ini kami masih melakukan penyisiran di KLU, beberapa lokasi sudah kami datangi. Sekarang kondisi mereka masih sangat memprihatinkan,” ujar Johan Rosihan kepada www.kabarntb.com, Ahad sore 12 Agustus 2018.

H Johan Rosihan, bersama Ghaib Anas salah satu warga asal Sumbawa yang telah lama bermukim di KLU dan menjadi korban gempa beruntun yang mengguncang Pulau Lombok

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu bersyukur, dirinya berhasil menemui sejumlah korban yang berasal dari Sumbawa di pengungsian. Salah satunya Ghaib Anas – warga Desa Sesait Kayangan, KLU. Ghaib Anas, bekerja sebagai PNS di Pemkab KLU dan telah menetap di wilayah tersebut sejak tahun 1985. Akibat gempa dahsyat tersebut, Ghaib Anas mesti kehilangan rumahnya yang roboh total.

Kepada Johan, Ghaib Anas menyatakan bantuan yang bersifat urgen yang dibutuhkan para pengungsi, disamping bantuan makanan, tenda, selimut dan air bersih, juga membutuhkan jaminan keamanan atas harta benda mereka yang ditinggal mengungsi.

“Beliau mengharapkan agar ada patroli malam dari aparat keamanan untuk memberi sinyal kepada pihak-pihak yang ingin memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan ini,” kutip Johan.

Hal itu kata Johan, disampaikan dengan serius guna meminta negara untuk hadir memberikan rasa aman kepada warga dengan cara tetap melakukan patroli malam di daerah-daerah terdampak.

“Inilah pesan urgen yang disampaikan kepada saya saat berkunjung. Semoga hal ini bisa segera direspon,” imbuhnya.

Selain mencari keberadaan korban asal Sumbawa, di lokasi bencana,Politisi yang pada pemilu 2019 mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RRI di Dapil NTB I (Pulau Sumbawa0 itu, juga menyalurkan bantuan dibeberapa posko. Bantuan yang diserahkan itu meliputi terpal, air mineral, makan siap saji, keperluan dan makanan anak, baju layak pakai, dan keperluan perempuan lainnya.

“Alhamdulillah proses penyaluran bantuan lancar. Saya akan pantau terus kebutuhan mereka, tadi mereka sudah minta diusahakan untuk kebutuhan darurat seperti tempat sholat (tenda khusus), keperluan sholat (baju koko, kereng dan mukena) dan lainnya,” ucap politisi berkumis itu.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.