Dandim Sumbawa Ajak Pelajar Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme

KabarNTB, Sumbawa – Untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotime di lingkungan pelajar, Dandim 1607/Sumbawa Letkol Inf Samsul Huda, memberikan materi Wawasan Kebangsaan kepada siswa-siswi SMK Negeri 1 Sumbawa sebagai rangkaian Masa Orientasi Siswa (MOS) bagi siswa-siswi yang baru masuk sekolah di Markas Kodim 1607/Sumbawa, Selasa 16 Juli 2019.

Sebanyak 495 orang siswa baru diberikan pemahaman tentang empat pilar kebangsaan sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan sehari-hari yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika, dan tiga unsur pokok yang karus dimiliki oleh seluruh komponen anak bangsa yaitu rasa kebangsaan, faham kebangsaan dan semangat Kebangsaan.

Menurutnya, anak sekolah SMK dan sederajat sudah harus mengetahui dan memiliki jiwa nasionalisme karena kedepan mereka yang akan menjadi generasi penerus bangsa.

“Ditangan mereka ini nasib bangsa ditentukan, oleh karena itu mereka harus betul-betul memahami tentang wawasan kebangsaan agar tidak terkecoh dengan perubahan dan perkembangan zaman”, tambahnya.

Selain itu, Dandim kelahiran Jawa Timur tersebut juga berharap agar para orang tua atau wali murid untuk mengawasi pergaulan anak-anaknya karena orang tua yang paling dekat 24 jam dengan anak-anak.

“Mari kita jaga, kita bina, kita didik dan awasi bersama sehingga mereka tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas, pemakai Narkoba maupun pergaulan-pergaulan yang menjurus kepada hal-hal yang negatif,” pungkas Alumni Akmil 2000 tersebut.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.