Desa Bilelando Loteng Diresmikan sebagai Desa Wisata Bahari

KabarNTB, Lombok Tengah – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, meresmikan Desa Wisata Bahari Bilelando dan Bilelando Communitty Base Tourisme Dusun Kelongkong Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah, Ahad 17 Februari 2019.

Dalam sambutannya, gubernue menekankan bahwa keberhasilan dan pariwisata sangat ditentukan oleh lingkungan yang besih dan sehat, selain di dukung Sumber Daya Manusia (SDM) yang maju.

“Yang terpenting selain keindahan alam dan kebersihan lingkungan, Sumber Daya Manusia adalah hal yang utama untuk kemajuan pariwisata,” ujar Gubernur.

Gubernur menyatakan dengan peresmian Desa Wisata Bahari, Dusun Kelongkong Desa Bilelando akan menjadi desa yang maju, sejahtera, bersih dan indah.

Gubernur h Zulkieflimansyah bersama Bupati Lombok Tengah menyaksikan pemotongan pita oleh Ketua TP PKK NTB, Hj Niken Saptarini pebanda peresmian Desa Bilelando sebagai desa wisata bahari

“Pemerintah Provinsi akan siap dan selalu mendukung segala kebutuhan demi kemajuan desa wisata ini dan yang paling penting, harus tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan menyiapkan toilet-toilet umum bagi para wisatawan walau sederhana dan tidak perlu mewah,” harap Gubernur.

Terkait Sumber Daya Manusia untuk kemajuan desa wisata kedepan, Gubernur meminta kepada Kementerian Pariwisata agar memberikan jatah bagi pemuda-pemuda di Desa Bilelando untuk mendapatkan bea siswa program belajar keterampilan bahasa inggris dan memperdalam keilmuan di bidang wisata bahari.

Pada kesempatan yang sama, Deputi bidang SDM, Iptek dan Budaya Kementerian Koordinator Kemaritiman, Andreas Patria, mengagumi dan memberi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Bilelando yang memilki semangat kuat untuk maju.

“Alhamdulillah semangat masyarakat dan pemerintah yang mendukung adalah modal utama untuk kemajuan pembangunan” katanya.

Ia berharap ada sinergi semua pihak agar apa yang dicita-citakan untuk kemajuan desa wisata bisa berjalan dengan baik.

Ia juga menghimbau pemerintah daerah khususnya Kabupaten Lombok Tengah, untuk menjamin kesinambungan pariwisata daerah dengan menyelesaikan syarat tata ruang terlebih dahulu agar penataan objek wisata di daerah ini menjadi lebih baik

“Kedepan kami mengharapkan kegiatan internasional tidak hanya dilaksanakan di Bali dan daerah lainnya namun juga akan diprogramkan di objek-objek pariwisata di NTB,” ujarnya.

Sementara Bupati Lombok Tengah HM Suhaili FT menambahkan dengan di launchingnya desa wisata ini, akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Lombok Tengah pada umumnya dan khususnya bagi masyarakat Desa Bilelando.

“Paling tidak ini sebagai ikhtiar masyarakat kami dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan desa. Ikhtiar masyarakat kami untuk mau merubah diri dari suatu hal yang kurang baik menjadi lebih baik,” ujar Suhaili.

Suhaili berharap momentum itu akan menjadi semangat bagi keluarga besar Bilelando untuk terus membenahi lingkungan dan pribadi masyarakat yang lebih baik kedepan.

“Saya yakin bila perhatian pemerintah terus-menerus seperti ini, 8nsya Allah masyarakat akan mendukung lebih semangat lagi,” pungkasnya.

Kepala Desa Bilelando Ramayadi, saat itu juga berkesempatan menjelaskan kondisi pantai Klongkong, yang hingga saat ini masih sangat alami. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan terumbu karang yang masih sangat bagus.

Ia menambahkan, untuk lebih memperkenalkan pantai Kelongkong kedepan, akan ada tempat menarik bagi wisatawan lokal maupun manca negara seperti wisata memancing, menyelam, kuliner, hingga pagelaran kesenian daerah seperti gendang belek dan sebagainya.

“Untuk kemajuan wisata bahari Pantai Kelongkong, setidaknya dalam waktu dekat ada bimbingan dan pelatihan bagi masyarakat di wilayah Desa Kelongkong,” harap Ramayadi kepada Pemprov dan Pemda Loteng.(VR/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.