Di KSB, Anak Diajar Peduli Sesama Lewat Gerakan Jum’at Berinfaq

KabarNTB, Sumbawa Barat – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbawa Barat, menginisiasi pelaksanaan program ‘Jum’at Berinfaq’ bagi para siswa di sekolah mulai tingkat SD hingga SMA.

Program yang bertujuan untuk memupuk rasa persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama itu, diberlakukan sejak tanggal 1 maret 2017 lalu.

“Program ini dilaksanakan sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Sumbawa Barat Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Jum’at Berinfaq. Saat ini sedang diujicoba diseluruh sekolah,” ujar Ketua Baznas Sumbawa Barat, Ust M Jafar Yusuf, kepada KabarNTB, Senin 27 Maret 2017.

Karena sifatnya sebagai infaq, kata Ustad Jafar, nominal yang diserahkan oleh anak-anak tidak ditetapkan atau dibatasi. Mereka secara sukarela menyisihkan sebagian uang belanja mereka untuk membantuk orang lain yang lebih membutuhkan.

“Tujuan utama dari gerakan ini adalah mengajarkan anak-anak untuk peduli sekaligus mengugah kesadaran mereka tentang kondisi lingkungan disekitarnya dimana masih banyak saudara-saudara mereka yang kurang beruntung dan membutuhkan bantuan,” imbuh Ustad Jafar.

Setiap anak diberikan ‘buku tabungan akherat’ dimana semua infaq yang diserahkan akan dicatat. Selanjutnya infaq itu diserahkan ke Baznas untuk dikelola dan disalurkan ke pihak-pihak yang membutuhkan.

“Nanti pada tanggal 2 Mei bertepatan dengan peringatan hari Pendidikan Nasional sekolah yang gerakan infaqnya paling baik akan diberikan penghargaan oleh Baznas dan Bupati,” demikian Ustad Jafar Yusuf.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.