Diduga Tak Berijin, Pengiriman Belasan Ekor Ternak Digagalkan

KabarNTB, Sumbawa – Belasan ekor sapi jantan yang hendak dikirim ke Pulau Lombok, diamankan Tim Lalu Lintas Ternak, Senin malam 20 Mei 2019, di depan Kantor Karantina Sumbawa.

Pengamanan belasan ekor ternak itu dilakukan dalam Operasi Gabungan oleh Dinas Peternakan bersama Sat Pol PP. Menurut Kasi Pemasaran Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbawa, Sujarwo, ternak-ternak dimaksud diduga tidak mengantongi izin kirim dari pemerintah daerah.

“Tim lalu lintas ternak Sumbawa mengamankan sebanyak 15 ekor sapi jantan yang hendak dibawa ke luar daerah, karena diduga tidak berizin. Kami cegat dan amankan di depan Karantina sekitar pukul 23.00,” jelasnya.

Kata Sujarwo, terduga pelaku pengiriman ternak tersebut diindikasikan melanggar ketentuan Perda Nomor 12 Tahun 2013 tentang lalu lintas ternak pasal 4 ayat 1 point A. Pasal itu menyebutkan, bahwa orang perorangan atau badan yang memiliki ternak dan atau bahan asal ternak harus mengajukan permohonan izin pengeluaran ternak kepada bupati melalui Dinas Peternakan.

“Sanksi bagi pelanggar, berdasarkan ketentuan
pidana pasal 19 ayat 1, kurungan paling singkat 1 bulan, paling lama 6 bulan atau denda minimal Rp. 5 juta dan maksimal Rp. 50 juta,” ungkap Sujarwo di dampingi Plt Kasat Pol PP Sahabuddin.

Ia mengakui kasus serupa bukan kali pertama. Tahun-tahun sebelumnya juga terjadi. Karenanya, razia lalu lintas ternak rutin dilakukan.

“Pemda terus memperketat lalu lintas ternak. Ini dalam rangka penegakan Perda. Dengan penegakan Perda, maka akan menjaga PAD kita,” terangnya.

Pengamanan belasan ternak tersebut katanya, sebagai tidaklanjut informasi dari masyarakat.

“Kami berterimakasih kepada masyarakat yang memberikan informasi, karena kami tidak mungkin mengamati setiap waktu,” jelasnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.