Dikes Sumbawa Dituding Lakukan Kebohongan Publik Soal Penyakit Aneh di Langam

KabarNTB, Sumbawa  – Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa dari Dapil II, Salamuddin Maula, menuding Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa telah melakukan pembohongan publik terkait bantahan tentang terjadinya kasus penyakit aneh yang diderita oleh sejumlah warga di Desa Langam Kecamatan Lopok.

Jalo, sapaan Salamuddin Maula, bahkan menantang oknum pegawai dinas kesehatan yang telah menyatakan bahwa penyakit yang dialami warga Langam adalah penyakit Dermatitis dengan gejala gatal-gatal, bentol dan bernanah di sekujur tubuh dan hanya menjangkiti satu orang saja di Desa Langam, Kecamatan Lopok.

Salamuddin Maula, Anggota DPRD Sumbawa dari Dapil II

“Buktinya hasil turun lapangan bersama sejumlah wartawan, Sabtu (3/3/18) kemarin, sangat jelas ada belasan warga yang terjangkit. Penyakit gatal-gatal kulit tersebut dengan cepat menular ke anggota keluarga yang lainnya. Jumlah masyarakat yang kami datangi belum seberapa, karena menurut laporan masih banyak warga lain yang juga terjangkit,” sebut Jalo,

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut menuding bahwa laporan Dikes kepada Bupati Sumbawa hanya ABS (Asal Boss Senang).

“Saya katakan ABS karena melaporkan sesuatu yang tidak sesuai fakta lapangan demi menyenangkan hati pimpinan,” cetusnya.

Ia selaku perwakilan masyarakat, khususnya di wilayah tersebut, kata Jalo, berharap Dinas Kesehatan lebih fokus menangani penyakit kulit yang menimpa warga Langam dan tidak perlu menutup-nutupi fakta yang ada, baik tentang jumlah penderita, maupun tentang kondisi sebenarnya yang dialami penderita serta jenis penyakit dimaksud.

“Dinas jangan hanya bekerja di atas meja dan menerima laporan dari belakang meja. Mereka harus turun dan hasil uji lab air harus diumumkan kepada masyarakat, entah air itu bersih atau tidak. Jangan hanya berasumsi saja. Jika ini lama disikapi maka akan ada langkah selanjutnya melalui lembaga DPRD Sumbawa,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Juru Bicara Pemda Sumbawa Lutfi Makki dan Kabid P2PL Dikes Sumbawa Agung Riyadi menyatakan pemberitaan media tentang adanya penyakit aneh yang diderita sejumlah warga Desa Langam tidak benar. Mereka mengakui ada warga yang menderita gatal-gatal, tetapi bukan penyakit aneh. Penyakit yang diderita H Nurdin Bole, satu-satunya warga yang sakit menurut Jubir Pemda dan Dikes Sumbawa, hanya terkena penyakit dermatitis yang disebabkan alergi.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.