Dikes Uji Lab Sample Makanan Penyebab Keracunan Massal di Penyaring

KabarNTB, Sumbawa – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumbawa langsung turun ke Puskesmas dan lokasi tempat terjadinya keracunan massal di Dusun Uma Kola Desa Penyaring, Kecamatan Moyo Utara.

Kepala Dinas Kesehatan melalui Kabid P2PL Agung Riyadi kepada wartawan mengatakan  dirinya telah melakukan interview dan mengambil sempel makanan yang dimakan oleh para korban. Sample itu nanti akan dikirim ke Mataram untuk dilakukan uji lab.

Warga yang mengalami keracunan saat dibawa ke Puskesmas

“Dari hasil uji lab tersebut baru kita akan ketahui apakah kandungan dalam makanan yang dimakan para pasien sehingga menyebabkan keracunan,” ungkapnya, Ahad 18 Nopember 2018.

Agung menyatakan dari data Dikes terdapat 41 pasien yang mengalami kercanunan dan mereka telah ditangani di Puskesmas Moyo Utara dan RSUD Sumbawa.

“Sebagian sudah bisa dipulangkan. Mudah- mudahan hasil uji lab bisa segera kita ketahui. Biasanya tiga hari, karena uji lab dilaksanakan di mataram,” katanya.

Seperti diketahui kasus keracunan massal di Dusun Uma Kola Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa mengakibatkan 41 orang harus dilarikan ke UGD Puskesmas dan RSUD Sumbawa. Tim dari Dinas Kesehatan Polri dan TNI membantu penanganan pasien keracunan tersebut.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.