Dinas Pertanian Pastikan Bantuan Bibit Jagung Terealisasi Minggu Depan

KabarNTB, Sumbawa – Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Sumbawa Tarunawan menegaskan bahwa dalam satu minggu mendatang bantuan bibit jagung yang diharapkan masyarakat terealisasi.

Hal itu dikatakan Tarunawan menanggapi aspirasi beberapa kelompok tani yang tergabung dalam Forum Kerukunan Kelompok Tani Kecamatan Sumbawa (FKKTKS).

Ia meminta kelompok tani untuk sementara waktu bersabar.

Kepala Dinas Pertanian Sumbawa, Tarunawan

“Dalam beberapa bulan ini Pemda melalui Dinas pertanian telah bekerja maksimal dan harus bolak balik Sumbawa –Mataram, Sumbawa – Jakarta untuk mengusahakan apa yang menjadi kebutuhan petani,” ujarnya.

Terkait FKKTKS, Tarunawan menyebuy sesungguhnya mereka awalnya telah diberikan bantuan benih jagung varietas Bima. Namun karena dianggap tidak sesuai dengan isi proposal yang mereka ajukan, bantuan itu ditolak melalui surat penolakan.

“Sehingga bantuan benih tersebut dialihkan ke kelompok tani lain,” jelasnya.

Tarunawan juga menyatakan, beberapa hari lalu Ia teleh bertemu dengan ketua KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Kabupaten Sumbawa, H Jaya Muis. Pertemuan yang dihadiri pula oleh beberapa pengurus kelompok tani tersebut ketua KTNA meminta agar dapat dibantu untuk mendapatkan benih pengganti dengan varietas bisi.

“Kami jelaskan bahwa kemampuan pemerintah terbatas, sehingga tidak mungkin dapat memenuhi semua keinginan petani untuk mendapatkan benih varitas Bisi atau Pionir,” jelas Tarunawan.

Ia menjelaskan, bantuan benih jagung kepada petani berdasarkan komposisi 35 : 65 , dimana 35 % bantuan benih jagung adalah varitas hybrida umum 2 ( Bisi, Pionir, dll) sedangkan 65 % adalah varitas hybrida umum 3 ( Bima, advanta, Nasa dll).

“Dan perlu juga diketahui bahwa pengadaan benih bantuan dilakukan di dinas pertanian provinsi dan Kementerian Pertanian di Jakarta, bukan di dinas Pertanian Sumbawa,” katanya.

Sementara untuk mendapatkan benih pengganti tersebut, pihaknya telah menyampaikan ke Kementerian Pertanian.

“ahkan kami katakan, tidak ada jaminan untuk dipenuhi jadi tidak ada PHP. Syukur Alhamdulillah, meskipun sulit dan butuh perjuangan berat, usulan kami itu diterima. Insya Allah minggu depan bantuan benih jagung akan dikirim,” tandasnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.