Doktor Zul Jawab Mahasiswa Bima dengan Cerita Rakyat Thailand ‘Antara Macan dan Ular’

KabarNTB, Bima – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah (Doktor Zul) mengutip cerita inspiratif rakyat Thailand “Antara Macan dan Ular”, ketika ditanya mahasiswa tentang  peran dan kerjasama yang bisa dibangun antara kampus dengan Pemprov NTB, dalam seminar yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Bima, di Kota Bima, Ahad 21 Oktober 2018.

Menurut Doktor Zul, rakyat Thailand tidak pernah memberikan kesimpulan pada kisah tersebut tatkala Sang Petani (tokoh utama cerita) terjebak antara cengkraman macan, digigit ular, disengat lebah dan digerogoti gerombolan tikus.

Beratus-ratus tahun kisahnya dibiarkan menggantung dan rakyat Thailand setelahnya diberikan kebebasan menentukan sendiri akhir bahagia atau unhappy ending kisah tersebut.

“Mahasiswa dan kita semua harus menentukan sendiri. Kita akan menulis akhir cerita seperti apa dari kisah tersebut. Mahasiswa memiliki peran, tanggung jawab dan kerjasama, seperti apa yang akan kita bangun. Anda yang harus menulisnya dengan baik,” jelas Gubernur yang juga pendiri Universitas Tekhnologi Samawa (UTS) itu.

Doktor Zul memberikan filosofi membangun yang harus tetap tertanam dalam diri generasi muda. Yaitu, daripada kita mengutuk kegelapan lebih baik kita menyalakan sebatang lilin. Dalam setiap tantangan pasti ada cahaya diujung terowongan. Dan laut itu pasti memiliki tepian.

Dalam kesempatan tersebut hadir Bupati, Hj. Indah Damayanti Putri dan Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan M. Noer dan memberikan wejangan dan spirit kepada mahasiswa dan civitas akademika serta warga Muhammadiyah di Bima.(EZ/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.