DPK PKPI Cetak Pemilih Cerdas Lewat Program Pendidikan Politik untuk Masyarakat

KabarNTB, Sumbawa – Dewan Pimpinan Kabupaten Partai Keadilan Persatuan Indonesia (DPK PKPI) Sumbawa Barat, menggelar kegiatan pendidikan politik bagi masyarakat di Desa Tambak Sari, Kecamatan Poto Tano, Kamis 28 Desember 2017.

Kegiatan pendidikan politik dalam bentuk tatap muka dan dialog langsung dengan masyarakat itu, merupakan yang pertama dilaksanakan partai politik di Sumbawa Barat. Tidak heran jika kegiatan itu mendapat apresiasi tinggi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbawa Barat. Sementara ratusan masyarakat Desa Tambak Sari terlihat antusias mengikuti kegiatan dimaksud.

“Kami sangat mengapreaiasi kegiatan DPK PKPI Sumbawa Barat, karena ini merupakan amanat undang-undang partai politik yang wajib dan harus dilaksanakan,” ujar Ketua KPU KSB, Khaeruddin yabg hadir sebagai salah satu pemateri.

KPU, kata Heru, sangat terbantu dengan adanya kegiatan yang dihajatkan untuk  mencerdaskan masyarakat secara politik. Apalagi saat ini sejumlah agenda politik nasional akan berlangsung, mukai dari Pilkada serentak pada 27 Juni 2018, juga Pemilu dsn Pilpres pada 2019.

Ketua DPK PKPI KSB, Aheruddin Siddik bersama Ketua KPU KSB, Khaeruddin, saat menyampaikan materi pada kegiatan Pendidikan Politik di Desa Tambak Sari

“Kegiatan pendidikan politik seperti ini juga berpengaruh positif terhadap partisipasi pemilih dalam Pemilu. Ketika masyarakat paham tentang berbagai hal terkait Pemilu maka kesadaran untuk berpartisipasi juga akan meningkat, termasuk dalam pengawasan. Sehingga Pemilu yang sukses dan berkwalitas akan bisa dicapai,” beber Heru.

Sementara itu Ketua DPK PKPI Sumbawa Barat, Aheruddin Sidik,  menyatakan, pendidikan politik merupakan proses pembelajaran dan pemberian pandangan serta pemahaman politik yang benar kepada masyarakat dengan mengedepankan nilai dari sebuah proses politik dan nilai demokratis..

“Pendidikan politik juga merupakan amanat dari UU, dimana setiap Parpol wajib melaksanakan pendidikan politik tersebut,” terang Aher.

Menurut Politisi yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi II DPRD Sumbawa Barat itu, kegiatan serupa sudah seringkali dilaksanakan PKPI, baik secara formil maupun dengan turun langsung ke masyarakat.

“Kami melaksanakan program ini agar lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dalam memberikan pencerdasan politik,” sebut Aher.

Untuk itu, pihaknya berharap dari kegiatan pendidikan politik itu, kedepan dapat mewujudkan pemilih cerdas Sumbawa Barat khususnya masyarakat Tambak Sari dan Poto Tano agar menjadi pemilih yang rasional dan profesional.(Ken)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.