DPRD Dorong Pemda Dukung Pertumbuhan Sentra Ekonomi Baru

KabarNTB, Sumbawa – Ketua DPRD Sumbawa L Budi Suryata, mendorong pemerintah daerah untuk mendukung usaha kecil menengah dan sentra ekonomi baru disejumlah wilayah.

Ia mencontohkan sentra ekonomi baru di sepanjang pingir jalan dan pantai menuju wilayah Sumbawa bagian barat , mulai dari Kecamatan Labuhan Badas, Rhee hingga Alas Barat yang saat ini semakin mengeliat. Hal itu dapat terlihat di Kecamatan Rhee, dimana UKM – UKM yang menjual jagung rmdan penganan lainnya kian hari semakin bertambah dan selalu dipadati pembeli yang melintasi wilayah tersebut.

Lapak para pedagang di jalur Sumbawa Bagian Barat

“Karena itu pemerintah daerah melalui pemerintah Kecamatan sudah saatnya melakukan penataan lokasi yang mempunyai potensi tumbuh kembangnya sentra –sentra baru untuk UKM,” ujar Lalu Budi, kamis 4 Januari 2017.

Selain pemerintah kecamatan, ia juga meminta pemerintah desa untuk turut mensupport UKM-UKM dimaksud lewat bantuan yang dialokasikan  melalui ADD dengan membangun lapak-lapak dan suntikan dana untuk keberlanjutan usaha mereka.

“Jika hal itu dapat dilaksanakan dan ditata dengan baik maka akan memasukkan income juga untuk desa bersangkutan,” ujarnya.

Lalu Budi juga meminta penataan lokasi disesuaikan dengan potensi yang dikelola masyarakat di wilayah terkait. Misalnya di Desa Luk Kecamatan Labuhan Badas disiapkan lapak untuk penjual kelapa muda, Desa Rhee untuk jagung rebus, Utan juga di Wonogiri untuk pedagang buah, Kecamatan Buer dengan warung kopi, juga Kecamatan Alas di pinggir pantai Ai Tawar yang selalu ramai dikunjungi warga setiap saat.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.