Dua Jembatan Rusak Parah, Kecamatan Orong Telu Terancam Terisolir

KabarNTB, Sumbawa — Kondisi Dua jembatan utama yang menjadi akses satu – satunya menuju kecamatan Orong Telu, Kabupaten Sumbawa, masing-masing Jembatan Brang Punik dan Jembatan Tempoak Renok, saat ini sangat memprihatinkan.

Jembatan tersebut rusak parah dan sangat membahayakan orang maupun kendaraan yang melintasinya.

Bus Damri terpaksa berhenti dan menurunkan penumpang saat akan melewati Jembatan Brang Punik, salah satu jembatan penghubung ke ke Kecamatan Orong Telu yang kondisinya rusak parah

“Dua jembatan ini merupakan akses utama penghubung warga di Kecamatan Orong Telu ke ibu kota kabupaten. Jika tidak segera ditangani pemerintah, tidak tertutup kemungkinan transportasi akan lumpuh dan daerah kami terisolir,” ujar Supardi Diyes, tokoh pemuda Orong Telu, kepada KabarNTB, Rabu 2 Januari 2019.

Menurut Diyes, jembatan Brang Punik kondisinya saat ini hampir putus. Beton jembatan sudah patah dan tinggal menghitung waktu sebelum benar-benar putus.
Sementara jembatan Tempoak Renok telah diupayakan oleh masyarakat secara swadaya dengan menambal titik yang rusak akibat tergerus banjir.

Supardi Diyes

“Warga sebelumnya bergotong royong memperbaiki jembatan itu agar bisa dilalui dengan ditimbun mengunakan batu,” ungkapnya.

Diyes mengakui, masyarakat sudah bersurat ke Bupati, dinas terkait serta ke DPRD Sumbawa terkait kondisi dua jembatan itu.

Masyarakat mendesak agar pemerintah segerah mengambil langkah cepat menangani dua Infrastruktur sudah rusak parah tersebut.

Ia berharap agar Pemerintah Desa dan Kecamatan juga turut proaktif berkoordinasi dengan dinas tekhnis agar jembatan itu bisa segera diperbaiki.

“Jika dibiarkan berlarut, tidak tertutup kemungkinan ada korban, lantaran sebagian badan jembatan sudah patah. Belum lagi dengan kondisi dimusim penghujan saat ini jika terjadi banjir maka masyarakat tidak bisa lagi melewatinya. Kami mendesak pemerintah peka menyikapi persoalan ini,” pungkasnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.