Empat Terduga Pelaku Narkoba Ditangkap Polisi Usai Pesta Shabu

KabarNTB, Sumbawa — Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Sumbawa menggerebeg sebuah rumah di Karang Untir Kelurahan Brang Biji, Kota Sumbawa, pada pada Kamis 11 Juli 2019 sekitar pukul 22.20 Wita.

Dalam penggrebegan itu, tim berhasil menangkap empat terduga pelaku yang baru saja pesta Narkoba. Dari tangan mereka, petugas mengamankan 14 poket narkotika jenis shabu, bong, pipet, pipa kaca berisi Kristal, HP dan uang tunai Rp 700 ribu.

Tim yang dipimpin Kanit Lidik Bripka Ary Pranajaya, selain mengamankan 14 poket narkotika jenis shabu, juga mengamankan Empat terduga berinisial AS (25), SA (31), AR (21)—ketiganya merupakan warga Brang Biji, sementara FR (33) adalah warga Desa Plampang.

Keempat terduga langsung digelandang ke Polres Sumbawa untuk menjalani proses hukum.

Para terduga pelaku saat menjalani tes urine

Kasat Resnarkoba Polres Sumbawa IPTU Faisal Afrihadi yang dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersebut. Pengungkapan dan penangkapan para terduga kasus narkoba tersebut berdasarkan informasi masyarakat bahwa di kediaman SA—salah seorang terduga kerap terlihat transaksi dan pesta narkoba.

Dari Informasi yang diterima sehari sebelumnya, langsung ditindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan. Setelah memastikannya, tim selanjutnya melakukan penggerebekan dan penggeledahan. Para terduga tak bisa berkutik saat tim menemukan 14 poket shabu di saku celana bagian depan terduga AS.

Di TKP juga ditemukan sejumlah barang bukti lainnya termasuk pipa kaca berisi kristal, serangkaian alat hisap (bong) dan uang tunai. Dalam pemeriksaan, terduga AS mengaku jika barang haram itu diperoleh dari dua orang berinisial IW dan PH.

Selanjutnya para terduga dilakukan tes urine, dan hasilnya positif.

Atas perbuatannya, mereka akan dikenakan pasal 114 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara Narkotika golongan I, dengan ancam pidana paling rendah 5 tahun dan paling lama 20 tahun. Kemudian pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman melebihi diancam pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun.

“Saat ini kami akan pengembangkan penyidikan untuk mengungkap bandar dan jaringannya,” ungkap Kasat.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.