FKKTKS Pertanyakan Realisasi Bantuan Bibit Jagung dari Pemda Sumbawa

KabarNTB, Sumbawa — Puluhan kelompok tani yang tersebar di empat kelurahan di Kecamatan Sumbawa yang tergabung di Forum Kerukunan Kelompok Tani Kecamatan Sumbawa (FKKTKS), berencana melakukan aksi demo ke Kantor Dinas Pertanian Sumbawa.

Aksi itu akan dilaksanakan Kamis besok, 29 Nopember 2018. Para kelompok tani menuntut agar dinas setempat segera merealisasikan bantuan bibit jagung kepada masing-masing kelompok tani lantaran musim tanam sudah sangat dekat.

Kordinator FKKTKS Mara Iroant, menjelaskan, FKKTKS beranggotakan 35 kelompok tani yang tersebar di empat kelurahan yakni kelurahan seketeng, brang biji, Uma sima dan kelurahan pekat.

“Ada sekitar delapan ratusan anggota kelompok tani yang rencananya akan menduduki Dinas pertanian, terus terang mereka resah karna hingga saat ini belum mendapatkan bantuan bibit jagung,” ungkap Mara.

Sebelumnya masing-masing kelompok sudah mengajukan proposal permintaan bantuan bibit jagung serta pupuk dan bantuan lainnya.

“Bahkan petugas di lapangan dari dinas meminta dana kepada masing-masing kelompok dengan alasan dana untuk administrasi meskipun itu kecil, namun hingga saat ini hal itu belum terealisasi,” imbuhnya.

Sejumlah ketua kelompok tani sebelumnya bahkan sudah mendatangi pihak dinas. Mereka diterima langsung oleh Kadispertan Sumbawa. Waktu itu, Kadispertan berjanji dalam waktu dekat akan membahas dan mencari solusi, namun hingga saat ini tetap belum ada realisasi.

“Hingga kini memasuki penghujung bulan November tidak ada informasi. Wajar jika kami sebagai petani resah, karna lagi beberapa hari musim tanam sudah dimulai, sementara bibit yang kami harapkan tidak kunjung ada kabar,” ungkapnya.

Jika dalam aksi besok tetap tidak ada jawaban bagi petani, FKKTKS berjanji akan mendatangi langsung bupati.

“Jika memungkinkan kita jugs mengelar hearing dengan pihak DPRD Sumbawa,” demikian Mara.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.