FPD Beri Lima Catatan Penting untuk Raperda APBD 2018

KabarNTB, Sumbawa – Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPRD Sumbawa memberikan lima catatan penting dalam pemandangan Umum terhadap penjelasan bupati tentang Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018.

Lima poin penting Pemandangan Umum Fraksi Demokrat yang dibacakan Budi Kurniawan tersebut diantaranya, untuk lebih memperioritaskan sembilan program utama yang dicanangkan oleh pemerintah daerah dan mengutamakan visi misi pemerintahan Husni – Mo.

“Demikian juga rencana penghematan terhadap usulan kegiatan yang tidak terlalu prioritas agar ditinjau kembali dan tidak dianggarkan,” ujar Budi Kurniawan.

Fraksi Demokrat juga memberi perhatian serius dan meminga pemda menambah target Pendapatan Asli Daerah  diatas 3,35 persen dengan mempetakan potensi-potensi lain yang bisa digali sebagai sumber pendapatan asli daerah seperti, retribusi parkir, pasar, retribusi pengendalian menara telekomunikasi dan pajak hiburan.

Demokrat menyarankan agar Pemda bersungguh-sungguh dan berhati-hati dalam membuat asumsi penetapan target pendapatan dan memaksimalkan pengelolaan potensi yang ada agar peningkatan target (pendapatan) lwbih signifikan.

“Penetapan target penerimaan pajak daerah, retribusi daerah harus didasarkan pada besarnya potensi obyek maupun subyek wajib pajak yang real dan posible dapat dipungut,” imbuh Budi.

Terkait belanja daerah dan segala pembiayaan daerah FPd menekan, agar benar-benar merupakan belanja daerah yang terencana, rasional, obyektif sesuai kebutuhan.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.