FPSI Sumbawa : “Puisi Sukmawati Lukai Perasaan Seluruh Ummat Islam”

KabarNTB, Sumbawa – Kecaman terhadap puisi yang ditulis dan dibacakan oleh Sukmawati Soekarno Putri terus bermunculan. Termasuk dari ummat Islam di kabupaten Sumbawa, NTB.

Puisi dengan judul “Ibu Indonesia” yang dibacakan oleh Sukmawati Soekarno Putri pada acara 29 Tahun Anne Aventie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018 dan menjadi viral di berbagai sosial media dalam beberapa hari terakhir itu, dinilai sebagai bentuk pelecehan dan telah melukai perasaan ummat Islam.

Forum Penegak Syi’ar Islam (FPSI) Kabupaten Sumbawa, menyampaikan pernyataan sikap dan seruannya mengenai hal tersebut.

“FPSI menyatakan puisi tersebut telah melukai umat Islam, bertentangan dengan semangat perdamaian dan penghargaan terhadap kebebasan dan kedaulatan ajaran atau keyakinan tertentu (Islam),” ujar Sekretaris Umum FPSI Kabupaten Sumbawa, Repi S, melalui pernyataan resmi yang dikirim kepada Redaksi, Selasa 3 April 2018.

Sukmawati Soekarno Putri

“Hal ini tentu bertentangan dengan semangat dalam menjaga nilai-nilai persatuan dan keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia,” imbuh Repi.

Menurut FPSI, ada beberapa bait dalam puisi itu yang dapat merobek dan mencabik-cabik semangat toleransi, bahkan bisa mengguncang stabilitas keamanan dan ketentraman umat beragama.

Hal ini juga bertentangan dengan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, pasal 29 ayat 1 yang sangat jelas manyatakan bahwa “negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu”.

“Apa yang dibacakan oleh Sukmawati Soekarno Putri melalui puisi adalah pelecehan terhadap ajaran Islam yang dicoba dipertentangkan dengan nilai-nilai budaya bangsa. Hal ini sangat menodai agama Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin (rahmat untuk seluruh alam), maka harus dikecam dan dilawan,” imbuhnya.

Dalam waktu dekat, FPSI, katanya, akan melakukan konsolidasi dengan seluruh elemen kekuatan umat Islam di Sumbawa, guna menyatakan sikap, bahwa umat islam di Kabupaten Sumbawa tidak akan tinggal diam terhadap segala bentuk pelecehan dan penodaan terhadap agama Islam.

Terakhir, FPSI menyerukan kepada seluruh komponen bangsa khususnya umat Islam di seluruh Indonesia agar tetap menjaga nilai-nilai persatuan dan kedamaian sesama anak bangsa.

“Kami mengajak seluruh komponen umat Islam dan bangsa Indonesia untuk menyatakan bahwa tidak ada tempat bagi siapapun yang coba-coba merusak ketentraman dan persatuan antar umat beragama di negara yang sama-sama kita cintai ini, Indonesia,” demikian Repi.

Berikut isi lengkap puisi Sukmawati Soekarno Putri dimaksud :

Ibu Indonesia

Aku tak tahu Syariat Islam
Yang kutahu sari konde ibu Indonesia sangatlah indah
Lebih cantik dari cadar dirimu
Gerai tekukan rambutnya suci
Sesuci kain pembungkus ujudmu
Rasa ciptanya sangatlah beraneka
Menyatu dengan kodrat alam sekitar
Jari jemarinya berbau getah hutan
Peluh tersentuh angin laut

Lihatlah ibu Indonesia
Saat penglihatanmu semakin asing
Supaya kau dapat mengingat
Kecantikan asli dari bangsamu
Jika kau ingin menjadi cantik, sehat, berbudi, dan kreatif
Selamat datang di duniaku, bumi Ibu Indonesia

Aku tak tahu syariat Islam
Yang kutahu suara kidung Ibu Indonesia, sangatlah elok
Lebih merdu dari alunan azan mu
Gemulai gerak tarinya adalah ibadah
Semurni irama puja kepada Illahi
Nafas doanya berpadu cipta
Helai demi helai benang tertenun
Lelehan demi lelehan damar mengalun
Canting menggores ayat ayat alam surgawi

Pandanglah Ibu Indonesia
Saat pandanganmu semakin pudar
Supaya kau dapat mengetahui kemolekan sejati dari bangsamu
Sudah sejak dahulu kala riwayat bangsa beradab ini cinta dan hormat kepada ibu Indonesia dan kaumnya.(JM)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.