FTUI – ILUNI Bangun Sekolah Indonesia Cepat Tanggap untuk Korban Gempa

KabarNTB, Sumbawa – Sekolah Indonesia Cepat Tanggap TK Pelita Cerdas yang dibangun pada pada 2 Februari lalui kini sudah bisa ditempati pasca peresmian pada Sabtu 6 April 2019.

Sekolah TK Pelita Cerdas tersebut merupakan Sumbangsi bagi anak-anak terdampak bencana gempa oleh Fakultas Tekhnik UI,ILUNI FTUI, ILUNI ,ILUNI Arsitektur FTUI dan FUSI Foundation bekerja sama dengan Universitas Teknologi Sumbawa dan Yayasan AN-Nahl.

Dekan Fakultas Tekhnik UI Hendri DS Budiono M.Eng pada peresmian tersebut mengatakan, Pembangunan Sekolah Indonesia Cepat Tanggap merupakan sebuah inisiatif untuk membangun kembali sekolah bagi anak-anak yang terkena dampak gempa . Sekolah Indonesia Tanggap Bencana untuk lokasi ke -2 bertempat didesa Usar Mapin Kecamatan Alas barat Kabupaten Sumbawa dengan tengang waktu pembangunan hanya dua bulan.

Sementara tujuannya yakni, mewujudkan kesempatan belajar bagi anak-anak yang terkena bencana gempa, dengan kapasitas mampu menampung 40 hingga 60 siswa TK. Dengan berdirinya Sekolah Indonesia Cepat Tanggap TK Pelita Cerdas ini, kedepan dapat mewujudkan kesempatan belajar yang terbaik bagi anak Indonesia khususnya bagi mereka yang terdampak bencana, dimana insiatif ini tidaklah semata-mata sekedar membangun fisik sekolah, namun membangun ekosistem belajar yang menyenangkan untuk anak Indonesia.

Untuk diketahui, Sekolah Indonesia Cepat Tanggap TK Pelita Cerdas terdiri atas dua ruang kelas, 2 toilet, tempat cuci tangan , taman bermain dan panggung, perpustakaan yang diperuntukkan bagi Yayasan An-Nahl.

Demikian juga Keungulan bangunan Sekolah Indonesia adalah terdapat unit-unit yang dapat disusun secara “plug and play” dan fleksibel untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan konteks di setiap lokasi. Sehingga rancangan Sekolah Indonesia dapat diterapkan di seluruh Indonesia karena bersifat cepat tanggap terhadap berbagai kondisi bencana.

Untuk rancangannya sendiri, Sekolah ini dikerjakan oleh Kelompok Keilmuan Perancangan dari Departemen Arsitektur FTUI yang dipimpin oleh Prof. Yandi Andri Yatmo, PhD dan Prof. Paramita Atmodiwirjo, PhD. Sekolah Indonesia dirancang dengan berbasis modular dan komponen yang dapat dikonstruksi secara mudah dan cepat.

TK Pelita Cerdas yang dibangun oleh Alumni Fakultas Tekhnik Universitas indonesia terdiri dari dua unit ruang kelas yang dilengkapi dengan furniture, dua unit toilet dengan dua kubikel dan fasilitas cuci tangan, tribun dan selasar, untuk mewadahi sekitar 75-100 orang siswa.

Rancangan sekolah ini sangat berbeda dari susunan tipikal sekolah yang umumnya berupa deretan ruang-ruang kelas yang monoton. Sekolah Indonesia memiliki unit-unit ruang kelas yang terintegrasi dengan unit-unit ruang terbuka dan lansekap yang ditata secara seksama, untuk mewadahi kegiatan belajar yang bervariasi di dalam maupun di luar ruangan.”

Pada peresmian tersebut, selain Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng. (Dekan FTUI) juga dihadiri Asisten III Sudirman Malik S.Pd. M.Pd, Camat Alas Barat, Cindar Hari Prabowo (Ketua Umum ILUNI FTUI); Dr. Andy Tirta, M.Sc (Rektor Universitas Teknologi Sumbawa); Prof. Yandi Andri Yatmo, ST, DipArch, MArch, PhD dan Prof. Paramita Atmodiwirjo, ST, MArch, MA, PhD (Guru Besar Departemen Arsitektur FTUI); Ghofar Rozaq Nazila (Dewan Pembina Fusi Foundation); dan Budi Wasono (Project Manager sekaligus Ketua ILUNI) serta Tokoh Masyarakat dan Pengurus Yayasan An-nahl.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.