Gapensi : Penarikan Pajak Galian C kepada Kontraktor Dasar Hukumnya Apa ?

KabarNTB, Sumbawa – BPC Gapensi Sumbawa menerim banyak keluhan dari Perusahaan Jasa Konstruksi (PJK) terkait landasan hukum retribusi galian C.

“Ini persoalan serius yang harus disikapi,” ujar Rosihan SE, Wakil Ketua BPC Gapensi Sumbawa, Sabtu18 Agustus 2018.

Ia mempertanyakan kepada pemerintah daerah dalam hal ini Bapenda setempat, soal dasar hukum penarikan/pembayaran retribusi galian C yang dibebankan kepada kontraktor.

Rosihan, Wakil Ketua BPC Gapensi Sumbawa

Karena selama ini kata dia, ada hal yang masih dianggap janggal soal penarikan retribusi tersebut.

“Saya menerima banyak keluhan dari anggota soal pembayaran retribusi golongan C. Seharusnya yang bayar itu adalah produsen (penambang), bukan konsumen (kontraktor proyek). Tapi kenyataannya di Sumbawa justru yang bayar konsumen,” kata dia.

Yang membuatnya sedikit kecewa dengan sikap Pemda melalui OPD terkait, setiap pencairan termin proyek, maka kontraktor diharuskan membayar retribusi Galian C.

“Setiap pencairan termin proyek kontraktor diikat dengan pembayaran retribusi galian golongan C baru bisa cair terminnya. Lah ini bagaimana toh,” tanyanya.

“Padahal kewajiban Bapenda Sumbawa adalah menagih langsung kepada semua penambang Galian C yang ada di Sumbawa. Bukan dengan mewajibkan kontraktor untuk membayarnya, karena itu tidak sesuai dengan UU terkait Mineral Bukan Logam (Galian C),” tambah Rosihan lagi.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.