Gempa Lagi Kamis Siang, Kekuatan 6.2 SR, Tidak Berpotensi Tsunami

KabarNTB, Sumbawa Barat – Gempa dengan kekuatan cukup besar kembali mengguncang NTB, beberapa menit yang lalu, Kamis siang 9 Agustus 2018, sekitar pukul 13.26 WITA.

Di Kota Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, goncangan gempa ini cukup terasa. Warga yang masih trauma atas kejadian gempa dengan magnitudo 7.0 SR yang terjadi Ahad malam 5 Agustus 2019 lalu, langsung berlarian keluar rumah.

Penjelasan BMKG di www.bmkg.go.id tentang gempa 6.2 SR yang terjadi Kamis siang ini (9/8)

Sejumlah guru dan siswa yang sedang belajar di SDN 6 Taliwang, di Kelurahan Sampir juga turut panik dan lari keluar ke halaman sekolah.

Data Gempabumi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang termuat di website www.bmkg.go.id mencatat gempa tersebut terjadi pada pukul 12:25:32 WIB, berkekuatan 6.2 SR yang berpusat di 6 KM barat laut Kabupaten Lombok Utara, NTB. Persisnya pusat gempa berada di 8.36 Lintang Selatan (LS), 116.22 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 12 KM dan tidak berpotensi tsunami.

Hingga berita ini diturunkan, tidak ada laporan kerusakan ataupun korban atas kejadian gempa tersebut.

Sebelumnya BMKG dalam pernyataan resmi pasca gempa utama 7.0 SR Ahad lalu, akan terjadi gempa susulan dengan kekuatan yang tmlebih kecil dari gempa utama. Hingga saat ini, BMKG mencatat sudah terjadi lebih dari 300 kali gempa susulan.

Sementara sejak tanggal 29 Juli 2018 (Hari kejadian gempa Magnitudo 6.4 SR) BMKG mencatat sudah terjadi 26 kali gempa bumi dengan magnitudo diatas 5.0 SR, termasuk gempa yang barusan terjadi.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.