Gempa Lombok : Kerugian Materi 7,45 Triliun, Korban Jiwa 481 Orang,

KabarNTB, Mataram – Di hari Kemerdekaan RI ke-73, 17 Agustus 2018, jumlah kerugian materi dan korban jiwa bencana gempa 7.0 SR yang mengguncang Pulau Lombok NTB pada 5 Agustus lalu terus bertambah.

Dikutip dari laman bnpb.go.id, berdasarkan data hasil perhitungan cepat Tim dari Kedeputian Rehabiitasi dan Rekontruksi BNPB, kerusakan dan kerugian akibat gempa di NTB sampai dengan Senin 13 Agustus 2018, total kerugian materi yang ditimbulkan gempa Lombok sudah mencapai Rp 7,45 trilyun rupiah.

Kerusakan dan kerugian ini meliputi sektor permukiman Rp 6,02 trilyun rupiah, sektor infrastruktur Rp 9,1 milyar rupiah, sektor ekonomi produktif Rp 570,55 milyar rupiah, sektor sosial Rp 779,82 milyar rupiah, danĀ  lintas sektor Rp 72,7 milyar rupiah. Sektor permukiman adalah penyumbang terbesar dari kerusakan dan kerugian akibat bencana yaitu mencapai 81 persen.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menyatakan angka ini masih akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya data dampak kerusakan yang masuk ke Posko. BNPB juga akan menghitung berapa besar kebutuhan yang diperlukan untuk pemulihan dalam rehabilitasi dan rekonstruksi

Untuk korban jiwa, berdasarkan data dari Posko Pusat Penanggulangan Bencana Alam Gempa Lombok sampai pukul 17.00 Wita, Jum’at 17 Agustus 2018, jumlah korban meninggal dunia tercatat sebanyak 481 orang.

Jumlah korban jiwa di Kabupaten Lombok Utara (KLU) daerah paling parah terdampak gempa, tetap yang terbanyak yakni sebanyak 404 orang, sementara di Lombok Barat sebanyak 39 orang korban jiwa.

Penambahan jumlah korban jiwa terdata di Kabupaten Lombok Timur, dimana sehari sebelumnya tercatat sebanyak 12 orang, pada Jum’at naik menjadi 27 orang. Sedangkan jumlah korban jiwa di Lombok Tegah tetap 2 orang dan Kota Mataram tetap sebanyak 9 orang.

Data jumlah korban yang mengalami luka – luka sebanyak 1.054 orang dan jumlah pengungsi akibat gempa juga tetap diangka 417.529 jiwa. Sedangkan infrastruktur yang rusak sebanyak 71.937 unit yang terdiri dsri rumah dan fasilitas umum.(VR/EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.