Giliran DPD – DPRRI Dukung NTB-Bali sebagai Tuan Rumah PON 2024

KabarNTB, Jakarta – Anggota DPD dan DPR RI daerah pemilihan (Dapil) NTB, menyatakan dukungan bagi Provinsi NTB dan Bali untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024.

Dukungan itu disampaikan langsung kepada rombongan Pimpinan DPRD NTB, Diskominfotik dan KONI NTB, beserta wartawan dalam kunjungan ke Gedung DPD – DPRRI di Jakarta, Kamis 12 April 2018.

Sehari sebelumnya, rombongan dari NTB juga telah mendatangi KONI Pusat untuk hal yang sama, yakni meloby agar NTB dan Bali dipilih menjadi tuan rumah.

Loby ini dinilai penting, mengingat Musornalub penetapan tuan rumah PON XXI akan digelar pada 24 April mendatang dengan cara voting yang diikuti 34 provinsi se Indonesia. Daerah lain yangbakan menjadi pesaing NTB dan Bali adalah Aceh-Sumatra Utara dan Kalimantan Selatan.

Ketua rombongan H Abdul Hadi menyerahkan cenderamata kepada Anggota Komite II DPD RI, Hj Baiq Diah Ratu Ganevi

Di DPD RI, rombongan diterima yang menyatakan dukungan penuh agar NTB bisa menjadi tuan rumah. Ia juga mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan untuk merealisasikan keinginan tersebut.

Dalam pertemuan dengan Anggota dari DPD RI, Hj Baiq Diah Ratu Ganevi, Ketua Rombongan sekaligus Wakil Ketua DPRD NTB, H Abdul Hadi, mengatakan apa yang menjadi harapan masyarakat NTB itu akan sulit terwujud jika tak ada kekompakkan serta kebersamaan dalam saling mendukung untuk bergerak dengan posisi masing-masing.

“Kami sangat berharap dengan kehadiran kami disini Ibu Diah yang merupakan bagian dari kami (NTB) juga dapat mendukung apa yang menjadi harapan serta dapat membangun komunikasi dengan pengambil kebijakan di negeri ini. Sehingga NTB dan Bali dapat ditunjuk menjadi tuan rumah PON XXI Tahun 2024 mendatang,” kata Abdul Hadi.

Ia menjelaskan, ada tiga hal yang menjadi pointer penting mengapa NTB dan Bali layak menjadi tuan rumah. Yaitu, NTB-Bali memiliki posisi strategis yang mudah dijangkau. Selanjutnya kedua provinsi ini memiliki potensi destinasi wisata yang menggelobal dan ketiga NTB – Bali akan mangangkat tagline ‘Sport Tourism’.

“Masalah kesiapan dan keseriusan, Insya Allah kami sangat serius dan siap menjadi tuan rumah yang baik,” ucapnya.

Hal senada dikatakan Pimpinan Komisi V DPRD NTB yang juga pengurus KONI NTB, H MNS Kasdiono. Menurutnya, dibandingkan dua kandidat calon tuan rumah lainnya, NTB – Bali jauh lebih siap.

“Kami ingin menciptakan tuan rumah yang baik dan PON bermartabat dengan Sport Tourism dan Culture NTB-Bali,” ucap politisi partai Demokrat itu.

Menanggapi hal itu, Anggota Komite II DPD RI, Hj Baiq Diah Ratu Ganevi menyambut positif serta mendukung keinginan NTB-Bali untuk menjadi tuan rumah pada event bergengsi tersebut.

Ia juga berjanji kan mengkomunikasikan hal itu dengan Anggota DPD RI lainnya yang tidak berkesempatan hadir.

“Saya mendukung dan saya akan sampaikan kepada teman-teman Anggota DPD RI dan DPR RI dari Dapil NTB. Insya Allah akan kita diskusikan lebih lanjut,” ujarnya.

Meski pelaksanaanya masih cukup lama, namun Ia berharap agar tidak hanya mengedepankan keseriusan semata tanpa persiapan matang. Termasuk soal infrastruktur dan penataan destinasi wisata.

“Hal ini harus kita fikirkan juga, karena untuk menjadi tuan rumah kita harus maksimal. Terlebih kita juga harus menjaga dan memberikan kesan baik, apalagi kita dilabelkan wisata halal,” urainya.

Dukungan serupa juga disampaikan H Nanang Samodra, Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi Partai Demokrat asal Dapil NTB.

“Sudah saya tangkap, sebelumnya saya juga sudah sempat berbincang dengan Ketua Komisi X Bapak Joko Widianto selaku Komisi yang membidangi masalah ini dan beliau menyatakan mendukung. Dan Pak Putu (Putu Supadma Rudana-Dapil Bali) Anggota Komisi X juga sudah komit dan mendukung. Kita akan coba loby dengan teman yang lain dengan akses yang sama. Sehingga harapan bersama ini dapat terwujud,” ujarnya.

Ia meyakini, jika NTB-Bali bisa menjadi tuan rumah event akbar dan bergengsi tersebut, akan memberikan dampak positif bagi kedua daerah. Menurutnya, potensi besar di NTB dan Bali jika dikolaborasikan sebagai tuan rumah PON XXI Tahun 2024 mendatang akan menjadi hebat.

“Siapa yang tidak kenal NTB dan Bali kedua daerah ini memiliki potensi besar. Jadi sangat wajar jika kita dukung NTB-Bali menjadi tuan rumah. Khususnya NTB masih banyak potensi ibarat mutiara yang belum di asah itulah NTB. Begitupun Bali. Intinya, 10 orang Anggota DPR RI dan 4 orang DPD RI siap mendukung. Hal ini akan kita fokuskan dan bicarakan bersama dengan yang lainnya,” imbuh Politisi yang juga mantan Sekretaris Daerah (Sekda) NTB itu.(By)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.