Gubernur : “Kalau Diijinkan Bangun Rumah Sederhana, Recovery Pasca Gempa Tidak Ada Masalah”

KabarNTB, Lombok Utara – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Jum’at pagi 4 Januari 2018, berkunjung ke Kabupaten Lombok Utara (KLU).

KLU merupakan kabupaten terdampak paling parah akibat gempa beruntun yang mengguncang NTB pada Agustus – September 2018 lalu.

Gubernur NTB, H Zukieflimansyah bersama Bupati KLU, H Najmul Akhyar didepan rumah sederhana yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat korban gempa (foto : FB @Bang Zul Zulkieflimansyah)

Bersama Gubernur DKI Anies Baswedan, didampingi Bupati KLU, H Najmul Akhyar, Gubernur meninjau rumah warga korban gempa yang telah dibangun secara swadaya di Kecamatan Tanjung. Rumah sederhana berukuran tidak terlalu luas itu berdinding bedek (bambu) dan beratap spandek.

Dikutip dari akun Facebook resmi Gubernur NTB @Bang Zul Zulkieflimansyah, gubernur menulis : “Bersama Bupati Lombok Utara di Kec Tanjung pagi ini..
Ini potret rumah yg di bangun bukan dgn bantuan pemerintah.
Di bangun atas bantuan dan inisiatif warga sendiri…”.

Gubernur juga mengunggah foto dirinya sedang berdiri dengan Bupati Najmul Akhyar di depan rumah warga yang dibangun swadaya.

Menurut Gubernur, meski sederhana, namun bagi masyarakat, rumah seperti itupun sudah sangat baik ketimbang mesti tinggal di bawah tenda.

Bahkan jika diijinkan membangun rumah seperti itu, maka pembangunan rumah korban bencana gempa (recovery) di NTB pasti tidak ada masalah.

“Yang jadi masalah adalah uang bantuan pemerintah yang dikirim ke rekening masyarakat itu nggak boleh untuk membangun rumah seperti ini. Rumah yang boleh dibangun adalah rumah yang tahan gempa. Dan ini rumit dan ribet dan yang bisa membuatnyapun sangat terbatas dan sedikit,”.

“Jadi ini yang membuat pembangunan rumah kita tersendat. Sekarang dengan rumah yang rumit itu sudah ada kemajuan yang cukup baik,”.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.