Gubernur Minta Bupati Wujudkan Sungai Brang Biji yang Bersih

Kabar NTB, Sumbawa – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah bersama Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril dan sejumlah pejabat lainnya menyusuri sepanjang aliran sungai Brang Biji Sumbawa dalam kegiatan gotong royong memperingati HUT Sumbawa ke-60, Ahad 13 Januari 2019.

Dengan titik start dari muara sungai dekat Jembatan Samota, Gubernur bersama rombongan yang menggunakan perahu karet memantau kondisi sepanjang aliran dan tebing pengamsn sungai hingga Kelurahan Samapuin.

Gubernur menyampaikan apresiasi kepada Bupati Sumbawa yang sejalan dan bersama-sama Pemerintah Provinsi mengampayekan Zero Waste, daerah bebas sampah.

Gubernur bersama Bupati Sumbawa saat meninjau kondisu sepanjang aliran sungai Brang Biji

Menurut Bang Zul — sapaan Gubernur, kita mesti berkaca kepada Walikota Surabaya yang menjadi kepala daerah berprestasi bukan karena membangun gedung bertingkat atau bendungan besar dan lainnya, tapi karena kebersihan kotanya.

“Saya berharap kepada Pak Bupati untuk mewujudkan sungai di kota ini menjadi bersih dan indah. Sehingga ketika orang melihat Sungai Brang Biji yang membelah kota ini merasa tenang jiwanya kemudian menjadi bahagia, lantaran sungai bukan tempat sampah,” ucapnya.

Ia juga meminta Dinas Lingkungan Hidup untuk menyiapkan tempat sampah di beberapa titik yang mudah diakses oleh masyarakat. Hal itu penting lantaran sampah tidak lagi menjadi bencana melainkan berkah untuk bisa dimanfaatkan.

“Pemprov NTB telah mencanangkan propinsi Zero Waste. Tidak ada lagi sampah berterbangan dimana-mana sehingga akan menjadi limbah baik itu di sungai dan di laut yang menyebabkan ekosistem di air rusak. Saya berharap sungai yang membelah Kota Sumbawa bisa dijadikan tempat wisata dan bukan tempat sampah seperti yang terlihat saat ini,” timpal Gubernur.

Bukan hanya lokasi bantaran sungai yang perlu perhatian bersama, Gubernur juga mengharapkan kondisi taman-taman yang ada di dalam kota Sumbawa perlu penanganan agar kedepan semakin indah.

“Pemda dapat melibatkan BUMN/BUMD untuk mengerjakannya. Jika semua taman di tengah kota ini sejuk, indah dan tenang, maka masyarakat yang ingin beraktifitas seperti olahraga akan merasa nyaman,” demikian Gubernur.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.