HUT Bhayangkara, Kapolres KSB Resmi Bergelar ‘Bija Kalanis Mekal Tana Kamutar’

KabarNTB, Sumbawa Barat – Puncak acara peringan Hari Bhayangkara ke-73 di Kabupaten Sumbawa Barat ditandai dengan upacara bendera di Halaman Graha Fitrah (Kantor Bupati KSB) di Kompleks Kemutar Telu Centre (KTC), Rabu 10 Juli 2019.

Sebelum upacara dimulai, Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mutofa SH S.Ik mendapat kado istimewa dari Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) KSB.

Kapolres yang sudah dua tahun mengabdi di Tana Pariri Lema Bariri itu, dianugerahi gelar kehormatan sebagai warga adat Tana Samawa dengan Gelar Bija Kalanis Mekal Tana Kamutar.

Penyematan gelar adat kehormatan kepada Kapolres KSB, AKBP Mustofa oleh tokoh LATS Ano Rawi, KH Zulkifli Muhadli pada upacara peringatan HUT Bhayangkara di KTC

Gelar kehormatan itu disematkan oleh pemangku adat LATS Ano Rawi, KH Zulkifli Muhadli, didampingi Bupati dan Wakil Bupati KSB serta pengurus LATS KSB.

Budayawan KSB yang juga pengurus LATS, Agus Irawan Syahmi mengungkapkan, gelar Bija Kalanis bermakna sebagai PUTRA PILIHAN yang menyandang kedudukan dan tugas karena kemampuan dan kecakapannya.

“Sedangkan MEKAL TANA KAMUTAR adalah Pejabat yang menangani pengamanan dan ketertiban Negeri, membangun jiwa sosial dan kemanusiaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Wilayah Tugas Kamutar Telu,” urainya.

Bupati KSB, HW Musyafirin bertindak selaku inspektur upacara yang diikuti oleh ratusan personil Polri, TNI, aparatur dan para tokoh masyarakat itu.

Di Sumbawa Barat sendiri, Polri terlibat aktif dalam berbagai program pembangunan yang dicanangkan Pemerintah Daerah.

Babhinkamtibmas Polri di semua desa kelurahan merupaoan ujung tombak bersama Babinsa TNI dan agen dalam menyukseskan Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR).

Polri bersama TNI juga terlibat aktif dalam program rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana gempa yang mengguncang KSB pada 19 Agustus 2018 lalu. Hingga sekarang KSB menjadi daerah dengan progress tercepat dalam proses rehab rekon pasca gempa dari seluruh kabupaten kota / kota terdampak di NTB.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.