Idul Fitri, Bupati KSB : Stop Berdebat Tanpa Ilmu, Ayo Bekerja

KabarNTB, Sumbawa Barat – Stop perdebatan tanpa ilmu dan mulailah bekerja. Demikian disampaikan Bupati Sumbawa Barat dalam pidatonya pada Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1440 H di Lapangan KTC Rabu pagi, 5 Juni 2019.

Shalat Idul fitri tersebut diikuti masyarakat dari seluruh penjuru Kabupaten Sumbawa Barat. Ada empat point penting yang disampaikan oleh Bupati. Pertama, capaian kinerja pemerintahan selama 3,5 tahun terakhir cukup menggembirakan, banyak penghargaan diraih dan program-program pro rakyat yang digulirkan sudah menampakkan hasil. Salah satunya adalah berhasil menurunkan angka kemiskinan sebesar 1,79%.

Kedua, masyarakat diharapkan menjaga kondusifitas, terlebih menyongsong dibangunnya smelter di Kabupaten Sumbawa Barat. Banyak keuntungan yang kita dapatkan kalau smelter dan turunannya sudah beroperasi, mulai dari tersediannya ribuan lapangan kerja baru, berkurangnya pengangguran, peningkatan kualitas hidup masyarakat, dan tentunya perekonomian KSB akan meningkat.

Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin

Ketiga, untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat pemerintah telah menggulirkan program STBM, yaitu program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Program ini memiliki lima pilar,  1. Bebas dari buang air besar sembarangan. 2. Cuci tangan pakai sabun, 3. Minum air bersih, 4. Tidak membuang sampah sembarangan, dan  5. Tidak membuang limbah cair rumah tangga di tempat terbuka. Dari lima pilar tersebut Bupati menekankan pada pilar keempat dan kelima yaitu tidak membuang sampah di sembarang tempat, dan tidak membuang limbah cair rumah tangga ke tempat terbuka sebagai langkah awal.

Keempat, stop Penambangan Ilegal dan penggunaan Mercury dalam pengolahan batuan (penggunaan gelondong). Penggunaan mercury harus segera dihentikan karena dampaknya sangat berbahaya bagi lingkungan.

Diakhir pidatonya Bupati mengajak masyarakat untuk menjauhi perdebatan yang dilakukan tanpa ilmu karena tidak akan mendatangkan manfaat, sudah waktunya masyarakat KSB menerapkan ilmu yang dimilikinya untuk pembangunan. Contoh menerapkan ilmu yang dimiliki antara lain adalah Ketika kita tahu bahwa penggunaan mercury berbahaya maka tinggalkan, ketika kita memiliki ilmu bahwa bersih itu sebagian dari iman maka hiduplah dengan bersih dan terapkan STBM, sudah waktunya kita jauhi perdebatan, mari kita mulai bekerja membangun Kabupaten Sumbawa Barat yang luar biasaā€¯. Kata bupati.

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.