Indonesia Pemasok Terbesar Kedua Pucuk Tebu dan Jagung ke Jepang

KabarNTB, Sumbawa — Indonesia merupakan negara pemasok pucuk tebu dan jagung terbesar kedua ke negara Jepang, dari sekian negara yang ada di Asia Fasifik untuk dijadikan sebagai pupuk pertanian di Jepang.

Hutmida Purba, Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Osaka, dalam Seminar Jagung Nasional di Sumbawa, belum lama ini, mengatakan saat ini Indonesia berada diatas Malaysia, Tiongkok, Sri Langka dan Thailand.

Hutmida Purba, Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Osaka, saat menjadi pembicara dalam Seminar Jagung Nasional di Sumbawa

“Dari segi kualitas, kualitas pucuk jagung dan tebu dari Indonesia sangat bagus. Karenanya, kerjasama eksport antara Indonesia dan Jepang tersebut telah berlangsung selama 40 tahun,” ujarnya.

Indonesia sendiri, kata dia, hingga saat ini masih belum mampu memenuhi permintaan pucuk jagung dan tebu dari Jepang, meskipun kuantitas eksport cenderung meningkat dari tahun ke tahun.
Menurutnya, hal itu mengindikasikan bahwa selain biji, bagian lain dari jagung memiliki nilai eknomis tinggi.

“Misalnya batang, dapat dijadikan bahan baku kertas dan tongkolnya dapat menjadi bahan baku pakan ternak. Dalam hal ini, tinggal kemauan masyarakat bersama pemerintah dalam mengoptimalisasi potensi yang ada,” jelasnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.