Ingin Aparatur Netral, Bupati KSB Tidak Akan Gelar Mutasi Mendekati Pilkada 2020

KabarNTB, Sumbawa Barat – Bupati Sumbawa Barat,HW Musyafirin, mengisyaratkan tidak akan melaksanakan ‘mutasi politis’ menjelang pelaksanaan Pilkada 23 September 2020 mendatang.

Berbicara di kegiatan penangatangan Naskah Hibah Daerah (NPHD) anggaran pelaksanaan Pilkada dengan KPU, Kepolisian dan Bawaslu di Graha Fitrah, Kompleks KTC, Selasa 1 Oktober 2019, HW Musyafirin mengharapkan para aparatur tetap netral. Dan Ia menegaskan komitmennya untuk tidak mengintervensi aparatur pemerintah di Lingkup Pemda setempat.

Bupati KSB, HW Musyafirin bersama Sekda, Abdul Azis

Kendatipun sesuai ketentuan, mutasi pejabat bisa dilaksanakan paling akhir pada bulan maret 2020 mendatang (6 bulan sebelum Pilkada), tetapi ia memilih akan melaksanakan mutasi di bulan januari 2020.

“Mutasi terakhir (akan dilaksanakan) di tanggal 3 januari. Itu yang terakhir, tidak ada mutasi-mutasi lagi. Jadi bebaslah,” ujar HW Musyafirin yang didampingi Sekda sekaligus Ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat), Abdul Aziz.

Terkait birokrasi dalam konteks Pilkada, HW Musyafirin secara terbuka menyatakan antara yang suka dengan yang tidak suka sebanding. Ia mencontohkan, dalam konteks mutasi, untuk satu jabatan, terdapat 10 orang yang memenuhi syarat dan berhak untuk menempati jabatan dimaksud. Tetapi, karena kebutuhan, hanya satu orang yang dipilih.

“Akhirnya satu orang senang, sembilan sakit hati. Jadi sama saja, meskipun Sekda ingin mencalonkan diri, tidak terlalu berimplikasi. Kalkulasi politiknya seperti itu,” urainya.

Karena itu, bakal calon petahana yang hingga sekarang masih ‘belum ada penantang’ itu, menyatakan Pilkada sebagai demokrasi mesti disikapi biasa saja, tidak perlu berlebihan. Sama seperti sebelumnya, Ia juga masih enggan berbicara panjang lebar tentang persiapannya untuk bertarung kembali di 2020 nanti.

“Kami sendiri, ingin mengakhiri masa jabatan ini dengan baik. Nanti setelah selesai ini, siapapun yang terpilih, itulah yang terbaik. Demokrasi itu seperti itu,” ucapnya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.