Ini Baru Inovasi! Sat Lantas Polres Sumbawa Bagi SIM Gratis untuk Pengendara Safety

KabarNTB, Sumbawa – Satuan Lalu Lintas Polres Sumbawa, melakukan inovasi dengan pemberian SIM (Surat Ijin Mengemudi) gratis bagi pengendara yang taat dan mengutamakan keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya.

Hadiah SIM gratis itu diberikan langsung di lapangan dalam Operasi Keselamatan Gatarin 2018, Rabu 21 maret 2018.

Selain melaksanakan penertiban terhadap pengendara yang tidak melengkapi diri dengan surat-surat kendaraan dan alat keselamatan diri dalam berkendara, personil Sat Lantas Polres Sumbawa juga memilih 10 orang pengendara khusus sepeda motor yang berhak menerima SIM C gratis karena berkendara dengan aman (safety) dan taat aturan.

Petugas Sat Lantas Polres Sumbawa saat memberikan hadiah SIM C gratis untuk pengendara motor safety

“Hadiah SIM Gratis ini diberikan kepada 10 pengendara yang safety dalam berkendara, tanpa melihat latar belakang mereka dengan catatan mereka sudah memenuhi syarat dari sisi umur namun belum memiliki SIM,” ujar Kasat Lantas Polres Sumbawa, AKP Gusriyadi Abustan disela-sela operasi.

Kasat Lantas mengatakan, pemberian SIM gratis itu sebagai bentuk apresiasi jajarannya terhadap pengendara yang dikategorikan “safety” dalam berkendara.

“Ini merupakan bagian dari inovasi yang kami lakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berkendara secara tertib dan aman,” imbuh Kasat Lantas.

Safety dimaksud, yakni pengendara mengenakan helm standar, membawa STNK, memiliki kelengkapan tekhnis dan lainnya sebagaimana yang dipersyaratkan aturan berlalulintas. Hanya pengendara itu tidak memiliki SIM.

Ardin salah satu pengendara yang mendapat SIM Gratis mengaku senang dengan hadiah tersebut. Ia mengaku sebenarnya hendak mengurus SIM minggu depan. Namun karena urusan yang mendesak, ia terpaksa berkendara dan melengkapi diri dengan helm, jaket, sepatu, masker dan sarung tangan.

“Sebenarnya saya berkendara seperti ini untuk menghindari kecurigaan petugas kalau saya tidak punya SIM, juga untuk keselamatan di jalan. Tapi saat melintas di depan SMAN 1 Sumbawa, saya dicegat dan malah mendapat hadiah SIM gratis. Alhamdulillah, senang sekali,” akunya dengan mata berbinar.

Hal senada dikatakan Jacky Rbc —warga Raberas Kelurahan Seketeng Kecamatan Sumbawa. Pria tegap dengan perawakan mirip aparat ini, juga mengaku hendak mengurus SIM pada hari saat dia terjaring Operasi Keselamatan. Tapi ternyata petugas yang mencegatnya justeru memberikan hadiah SIM gratis.

“Ini baru inovasi. Saya yakin masyarakat akan semakin sadar untuk tertib dan taat aturan berlalulintas dengan pendekatan seperti yang dilakukan Polisi Lalu Lintas Polres Sumbawa ini,” ujar Jacky.

Sejumlah pengendara lain berharap Satlantas Polres Sumbawa terus berinovasi yang bermanfaat untuk masyarakat dengan pola-pola yang mengedepankan upaya persuasif, bersahabat dan humanis agar pengendara tidak terkesan takut ketika melihat Polantas dinjalan raya.

Selain membagi hadiah SIM gratis, dalam operasi hlyang dilaksanakan hari ini, kamis 22 Maret 2018, Tim Sat Lantas Polres Sumbawa juga melaksanakan pembagian helm dan jacket gratis untuk pengendara yang safety. Bravo Sat Lantas Polres Sumbawa.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.