Ini Kriteria Calon Pemimpin NTB Versi Para Sesepuh

KabarNTB, Mataram – Para sesepuh dan tokoh NTB yang tergabung dalam Forum Peduli NTB, menggelar diskusi membahas tentang kriteria figure yang cocok menjadi penerus kepemimpinan NTB periode lima tahun kedepan, Kamis 23 Nopember 2017 di De Sierra Café Mataram.

Diskusi itu juga bertujuan memberikan pencerahan kepada masyarakat, agar memilih sosok kepemimpinan yang benar-benar mampu mengangkat harkat dan martabat sekaligus membawa NTB bisa lebih baik kedepan.

Ketua Badan Kehormatan Rakyat NTB, H Mesir Suryadi, dalam konferensi pers usai diskusi, menyatakan ada lima kriteria penting calon pemimpin yang dihasilkan dalam diskusi oleh Forum Peduli NTB. Pertama memiliki integritas moral yang kuat dan sehat, berakhlak terpercaya dan disiplin. Kedua bersih dari korupsi, kolusi, nepotisme dan tak pernah terlibat narkotika maupun penyakit sosial.

“Terutama jauh dari perbuatan yang membebankan atau merugikan rakyat. Ini yang tidak kita inginkan,” ujarnya.

Kriteria ketiga, menurutnya, memiliki sifat jujur, transparan dalam melaksanakan tugasnya. Tak hanya itu sambung pria yang akrab disapa Miq Mesir ini, pemimpin NTB kelak harus berani melakukan langkah-langkah korektif terhadap semua pihak demi keberlangsungan pemerintahan dan pembangunan.

“Untuk poin ke empat, pemimpin itu harus punya langkah strategis/trobosan untuk memperoleh dana untuk pembangunan tanpa mengandalkan APBD. Kalau masih mengandalkan DAK atau DAU semua bisa kok jadi pemimpin,” tandasnya.

Calon kepala daerah yang baik, lebih lanjut diungkapkannya, yaitu dia yang tak pernah tersandung dengan proses atau melanggar hukum sekaligus menodai demokrasi. Namun dia benar-benar terpilih atas dasar kebenaran dan keadilan.

Untuk itu ia menyerukan, kepada masyarakat NTB untuk aktif melakukan pengamatan, menela’ah perkembangan yang mengenai sikap prilaku para calon Kepala Daerah NTB termasuk Pilkada ditingkat Kabupaten/Kota.

“Intinya pemimpin NTB harus lebih baik lagi dari sebelumnya,” demikian Miq Mesir.(By)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.